Novel "212: cinta menggerakkan segala" dalam analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Adawiyah, Robiatul (2019) Novel "212: cinta menggerakkan segala" dalam analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Robiah Adawaiyah_E91215051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini dikaji untuk meneliti keaslian subjek dalam novel 212: Cinta Menggerakkan Segala menelaah terhadap karya sastra untuk menggali nilai-nilai dari karya kreatif menjadi ilmu pengetahuan. Guna dilakukan penelitian ini bermaksud untuk melihat kandungan makna dalam kajian semiotika menurut tokoh Roland Barthes dalam sebuah novel 212: Cinta Menggerakkan Segala Dalam Analisis Semiotika Roland Barthes. Semiotika tidak jauh dari pertanyaan denotasi, konotasi dan mitos. Dalam denotasi dan konotasi terdapat penanda petanda yang ada di dalam sebuah tulisan karya sastra, sebab semua ini akan dijadikan sebuah pedoman setelah ditafsirkan sesuai dengan aturan yang ada. Permasalahan dalam mencapai pembahasan tentang penanda, petanda dan mitos yang ada terdapat pada percakapan tokoh dalam novel yang mengundang pro dan kontra . Dalam novel ini peneliti menggunakan teori semiotika Roland Barthes mengenai percakapan yang ada di dalam novel 212: Cinta Menggerakkan Segala. Kajian semiotika ini mungkin peneliti mempertanyakan isi serta percakapan kontroversi dalam novel 212: Cinta Menggerakkan Segala demi menemukan sebuah analisis semiotika sesuai dengan perspektif Roland Barthes. Novel 212: menceritakan tentang cinta kasih sayang antara keluarga, teman dan sekitarnya. Namun, adanya perbedaan pemikiran sehingga terdapat adanya perselisihan Dikarenakan keterbatasan waktu dan peneliti sendiri, maka diharapkan pada peneliti lain dapat melanjutkan penelitian ini dengan metode dan hasil yang lebih sempurna.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Adawiyah, Robiatulrobiaadawiyah3@gmail.comE91215051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com196303271993031004
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIED196209271992031005
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: ROBIATUL ADAWIYAH
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:48
Last Modified: 03 Jan 2020 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38056

Actions (login required)

View Item View Item