Telaah QS. Al Hujurat: 13 perspektif Badiuzzaman Said Nursi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Rahmatul (2019) Telaah QS. Al Hujurat: 13 perspektif Badiuzzaman Said Nursi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmatul Ulya_E93216147.pdf

Download (1MB)

Abstract

Cinta terhadap tanah air yang dewasa ini lebih dikenal dengan sikap nasionalisme, pertamakali diperkenalkan oleh Bangsa Barat yang kemudian berkembang ditanah Eropa dan sekitarnya termasuk ditanah Turki, yakni lebih tepatnya paham nasionalisme ini berkembang pada masa akhir Kerajaan Turki Usmani. Sebagaimana sejarah pernah mencatat bahwa Dinasti Usmani ialah sebuah peradaban Islam yang besar, yang sempat diakui sebagai negara adikuasa oleh seluruh dunia. Namun, sikap nasionalisme yang berlebihan –masyarakat Turki- akibat kesalah pahaman dalam memaknai sikap nasionalisme inilah yang membuat seorang tokoh sufi sekaligus politikus Badiuzzaman Said Nursi memberikan penerangan paham nasionalisme yang baik dan benar dengan melalui penafsirannya terhadap QS. Al-Hujurat : 13 dalam kitab Tafsir Risalah Nur. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif, dengan penggalian data Library Research (kepustakaan) serta menggunakan metode deskriptif analitis. Data primer yang digunakan ialah merujuk langsung terhadap Kitab Tafsir Risalah Nur dan beberapa buku-buku lainnya karya Badiuzzaman Said Nursi. Hasil dari penelitian ini ialah bahwa QS. Al-Hujurat ayat 13 ditafsirkan oleh Said Nursi dengan nasionalisme, dengan memunasabahkan QS. Al-Hujurat: 13 ini dengan QS. Al-Fath: 26 dan QS. Al-Maidah: 54. Sehingga membawanya pada pengertian nasionalisme yang berbeda, yakni Nasionalisme Positif dan Nasionalisme negatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Rahmatululyarahma202@gmail.comE93216147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, MuhammadUNSPECIFIED1956101019860310
Thesis advisorIwanebel, Fedjrian YazdarjirdUNSPECIFIED199003042015031004
Subjects: Al Qur'an
Nasionalisme
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rahmatul Ulya
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:30
Last Modified: 03 Jan 2020 03:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38060

Actions (login required)

View Item View Item