التناص القرآني في مسرحية شمس النهار لتوفيق الحكيم

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Ayu Wardlatul (2019) التناص القرآني في مسرحية شمس النهار لتوفيق الحكيم. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Wardhatul Jannah_A91216068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Taufiq al Hakim adalah seorang sastrawan besar yang dilahirkan di Dahiyatur Rami di Iskandariyah Mesir. Beliau memulai studinya di bidang hukum,saat masih berada pada masa perkuliahan beliau menulis karya yang berupa drama,selain itu beliau juga menulis novel yang menginspirasi terutama dalam aspek kehidupan. Banyak karya karya terbaik yang dilahirkan oleh Taufiq Al Hakim.Taufiq al Hakim banyak memberikan sumbangsih ide dan gagasannya terhadap dunia sastra, terutama dalam karya karyanya baik novel maupun drama. Dari hal ini penulis tertarik untuk membahas drama (Syamsun Nahar) yang dihasilkan oleh Taufiq al Hakim dari aspek bentuk dan makna yang terdapat pada dialog tokoh sehingga menghasilkan karya yang memukau. Penelitian ini dilakukan pada sumber data yaitu percakapan yang dilakukan oleh tokoh tokoh drama dan data yang digunakan adalah interteks yang merupakan aspek kebahasaan dan kesusasteraan baik berupa kata, kalimat ataupun wacana. Pisau analisis yang digunakan adalah teori interteks dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.Adapun beberapa analisis yang dapat dihasilkan peneliti adalah terdapat 14 interteks langsung, 3 interteks tidak langsung. Kedua interteks tersebut memiliki makna yang berbeda serta 3 interteks tak langsung yang semuanya berfungsi sebagai ungkapan ideologis pengarang dan sikapnya pada suatu realita. Oleh sebab itu, telah jelas bahwa dalam dialog percakapan karya Taufiq al Hakim terdapat unsur-unsur interteks dan maknanya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, Ayu WardlatulAyuwardlatul86@gmail.comA91216068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDjamaluddin, BurhanUNSPECIFIED195512211982031002
Subjects: Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ayu Wardlatul Jannah
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:55
Last Modified: 03 Jan 2020 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38077

Actions (login required)

View Item View Item