Konseling islam Dengan Terapi Istigfar Kepada Seorang Mantan Narapidana Untuk Penyesuaian Diri Terhadap Masyarakat.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmi, Moh. Thoriq (2019) Konseling islam Dengan Terapi Istigfar Kepada Seorang Mantan Narapidana Untuk Penyesuaian Diri Terhadap Masyarakat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Thoriq Ilmi_B03215023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Alasan peneliti mengangkat kasus yang menganggap seorang mantan narapidana adalah seorang yang jahat, seorang yang ditakuti, seorang yang harus di jauhi, padahal kedudukan kita di hadapan sang kholiq itu sama semua. Dengan menggunakan terapi istigfar untuk mengatasi masalah sesorang yang merasa dirinya kotor atau berdosadanhilang percaya diri dalam melakukan hal-hal yang positif Karena Kejekan dari orang lain sehingga klien merasa canggung dan sulit dalam menyesuaikan diri dengan masyarakat sekitar, menurut sayacocok. Oleh karena itu penulis tertarik untuk menggunakan terapi istigfar untuk mengatasi permasalahan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu (1) bagaimana proses terapiistigfarkepada mantan narapidana untuk penyesuaian diri terhadap masyarakat, (2) Bagaimana hasil terapi istigfar kepada mantan narapidana untuk menyesuaikan diri terhadap masyarakat.Dalam mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakanan alisis deskriptif komparatif. Digunakan untuk menganalisis dampak yang terjadi ketika seorang mantan narapidana tidak bisa menyesuaikan diri terhadap lingkungan nyadengan membandingkan teori dan hasil proses konseling dilapangan. Data yang diperoleh berasal dari wawancara dan observasi dan kemudian disajikan dalam bab penyajian data dan analisis data. Hasil akhir dari proses terapi istigfar kepada mantan narapida untuk penyesuaian diri terhadap masyarakat dalam penelitian ini cukup berhasil, dapat dilihat dari pereubahan perilaku dan kebiasaan klien yang menjadi lebih baik dari sebelumnya.Dari proses terapi yang sudah dilakukan semoga bisa menambah wawasan bagi peneliti maupun mahasiswa bimbingan dan konseling islam supaya menjadikan alternative dalam menyelesaikan masalah-masalah klien dengan menggunakan terapi islam, karena menurut saya segala masalah pasti ada jalan keluarnya, jalan keluarnya hanya memohon ampunan kepada allah, yaitu dengan beristigfar (nawitu) dan menyerahkan diri dan juga berikhtiyar. Semoga bermanfaat bagi semuanya. Aminn

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmi, Moh. ThoriqMohthoriq90@gmail.comB03215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, AgusUNSPECIFIED197008251998031002
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: istigfar; dan penyesuaian diri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Thoriq ilmi
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:28
Last Modified: 03 Jan 2020 04:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38086

Actions (login required)

View Item View Item