الكلام الإنشائي الطلبي في رواية الشحاذ لنجيب محفوظ

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Uswatun (2019) الكلام الإنشائي الطلبي في رواية الشحاذ لنجيب محفوظ. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Hasanah_ A01216054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam kajian ilmu balaghah terdapat ilmu ma’ani, yang mana di dalam ilmu ma’ani ada pembahasan tentang kalam insya’ thalabi dan kalam insya’ ghoiru thalabi. Adapun dalam skripsi ini peneliti hanya membahas kalam insya’ thalabi saja, kalam insya’ thalabi adalah kalimat yang menuntut terjadinya sesuatu. Kalam insya’ thalabi ada lima macam, yaitu: amr (kata perintah), nahyi (kata larangan), istifham (kata Tanya), nida’ (kata seru), tamanni (kata untuk menyatakan suatu harapan).Adapun obyek dalam penelitian ini adalah novel “Al-Syahad” karya Najib Mahfudz dan sumber datanya dari teks novel yang sama. Novel ini menceritakan tentang seorang laki-laki dan manusia pada umumnya, tetapi lebih khusus kepada seorang laki-laki yang bekerja sebagai pengacara yang hebat dan tokoh-tokoh lainnya. Dalam novel ini membahas tentang kegelapan hidup yang dialami laki-laki.Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah, bagaimana bentuk kalam insya’i thalabi dalam novel “al-syahad” karya Najib mahfudz ? dan apa makna kalam insya’i thalabi dalam novel “al-syahadz” karya Najib Mahfudz?. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif sesuai dengan data yang di peroleh berupa kata-kata atau kalimat yang mengandung macam-macam bentuk dan makna kalam insya’i thalabi dalam novel “al-syahadz” karya Najib Mahfudz. Adapun analisis yang digunakan yaitu analisis kalam insya’i thalabi dalam novel “al-syahadz” karya Najib Mahfudz yang merupakan cabang ilmu balaghah.Pada novel “al-syahadz” karya Najib Mahfudz peneliti menemukan bentuk dan makna yang mengandung kalam insya’i thalabi. Yang terdiri dari lima macam bentuk kalam insya’i thalabi. Bentuk amr sebanyak 8 data,5makna haqiqi dan 3makna ghoiru haqiqi, bentuk nahi sebaanya 10 data, 4 makna haqiqi dan 6 makna ghoiru haqiqi, bentuk istifham sebanyak 35 data, 21 makna haqiqi dan 14 makna ghoiru haqiqi, bentuk nida’ sebanyak 10 data, 9 makna haqiqi dan 1 maknaghoiru haqiqi, bentuk tamanni sebanyak 7 data, 5 makna tarajji dan 2 makna majazi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Uswatunuswatun1997.uh@gmail.comA01216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Subjects: Kesusastraan
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Novel Al-syahadz; Kalam Insya; Thalabi; Najib Mahfudz
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Uswatun Hasanah
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:11
Last Modified: 03 Jan 2020 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38088

Actions (login required)

View Item View Item