Pengembangan Self Appraisal bagi mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam untuk membentuk kepribadian konselor Islam profesional di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diniyah, Ishmatud (2019) Pengembangan Self Appraisal bagi mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam untuk membentuk kepribadian konselor Islam profesional di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ishmatud Diniyah_B53216055.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penetian ini adalah : 1) Bagaimana proses pembuatan self appraisal bagi calon konselor?. 2) Bagaimana cara mengaplikasikan self appraisal ? Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian research and development dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara , observasi dan dokumentasi yang akan dijabarkan dalam subbab penyajian data. Permasalahan yang ada dilapangan yakni kebingungan para mahasiswa BKI untuk meningkatkan kualitas kepribadiannya dalam berproses menjadi konselor Islam, namun masih abstrak dalam praktiknya, bahkan ada yang masih awam dalam pengetahuan mengenai kepribadian konselor Islam yang profesional. Self appraisal hadir untuk membantu para calon konselor dalam membentuk kepribadiannya menjadi konselor Islam yang profesional. Peneliti membuat produk ini dalam bentuk buku yang diberi judul “Sudah Layakkah Aku Menjadi Konselor Islam?” dengan enam model appraisal yaitu angket, penghitungan perilaku, identifikasi perilaku, skala peratingan, autobiografi dan checklist. Hasil dari penelitan ini yaitu buku ini dinyatakan efektif dan diterima oleh para mahasiwa karena dinilai mampu membantuk kepribadian konselor Islam dan meningkatkan kapabilitas konselor Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diniyah, Ishmatudishmatuddiniyah@gmail.comB53216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThohir, MohamadUNSPECIFIED197905172009011007
Subjects: Bimbingan Konseling
Kepribadian
Keywords: Self Appraisal; Kepribadian Konselor Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ishmatud Diniyah
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:18
Last Modified: 06 Jan 2020 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38091

Actions (login required)

View Item View Item