Nasionalisme dalam Perspektif Ibnu ‘Asyur (Kajian Ayat-Ayat Nasionalisme dalam Tafsir Al-Tahrir wa Al-Tanwir)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Daraini, Faizatut (2019) Nasionalisme dalam Perspektif Ibnu ‘Asyur (Kajian Ayat-Ayat Nasionalisme dalam Tafsir Al-Tahrir wa Al-Tanwir). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faizatut Daraini E03215044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era modern saat ini, masih ada anggapan banhwa konsep nasionalisme adalah produk barat dan hanya akan membuat manusia lebih buruk. Beberapa kelompok bahkan individu mengaku berjiwa nasionalis akan tetapi menyimpang dari paradigma nasionalisme. Hal yang demikian terjadi sebab kenyataan karena nasionalisme yang tumbuh saat ini tidak didasarkan pada Alquran. dengan analisis tekstual dan kontekstual terhadap ayat-ayat nasionalisme, penelitian ini mengungkap konsep nasionalisme dalam Alquran dan nasionalisme dalam perspektif Ibnu ‘Asyur dalam Tafsir al-Tahrir wa Al-Tanwir.Dalam penelitian ini menggunakan metode tematik untuk menelaah bagaimana nasionalisme yang diingiinkan Alquran dalam mewujudkan negara yang aman dan sejahtera (baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur). hasilnya, nasionalisme yang diinginkan Alquran adalah semangat kebangsaan dan persatuan, bukan nasionalisme yang didasari kesombongan atau chauvinisme itu.Ibnu ‘Asyur seorang nasionalis yang mencintai negerinya dengan cara paling halus, cendekiawan yang berkontribusi besar bagi kemajuan ilmu pengetahuan di Tunisia pada khususnya dan perkembangan Ilmu Tafsir pada umumnya. dalam menafsirkan ayat nasionalisme, Ibnu Asyur mempunyai tiga prinsip, yaitu, keadilan, kebanggaan dan kesejahteraan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Daraini, Faizatutfaizahaddarain1997@gmail.comE03215044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, Abu Bakarabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Thesis advisorBudi Ichwayudi, Budi Ichwayudib.ichwayudi@uinsby.ac.id197604162005011004
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Nasionalisme, Ibnu Asyur, dan Tafsir Al-Tahrir wa al-Tanwir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Faizah Faizah
Date Deposited: 03 Jan 2020 01:23
Last Modified: 03 Jan 2020 01:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38109

Actions (login required)

View Item View Item