الأفعال المزيدة و معانيها في كتاب رياض الصالحين ) دراسة صرفية )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidz, M. Abdul (2019) الأفعال المزيدة و معانيها في كتاب رياض الصالحين ) دراسة صرفية ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ample Surabya.

[img] Text
M Abdul Hafidz_A31213104.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ilmu sharaf adalah salah satu ilmu bahasa yang bersumber dari al-Qur’an. Ruang lingkup pembahasan ilmu sharaf mengenai pembentukan kalimat serta perubahannya yang mengakibatkan perubahan maknanya. Kata dalam bahasa arab terbagi menjadi tiga yaitu isim (kata benda), fi’il (kata kerja) dan huruf (kata sambung). Kata kerja atau fi’il adalah salah satu bagian kata yang membentuk suatu kalimat (الجملة). Dalam penelitian ini penulis akan membahas tentang fi’il dan lebih fokus pada fi’il mazid atau kata kerja tambahan baik tambahan dengan satu huruf , dua huruf ataupun tiga huruf dari asli fi’il tsulatsinya. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengkaji tentang bentuk fi'il mazid yang merupakan bagian dari ilmu sorof. Fi'il mazid memiliki bentuk yang berbeda-beda mengikuti wazannya, dan perbedaan bentuk tersebut mempengaruhi makna dalam kalimat, dan dalam hal ini penulis meneliti tentang fi'il mazid yang terdapat dalam kitab Riyadh As-Sholihin. Fokus permasalahan dalam pembahasan ini adalah: 1) Mana saja kata yang mengandung fi’il mazid satu huruf, dua huruf dan tiga huruf dalam kitab Riyadh As-Sholihin ? 2) Apa makna huruf fi’il mazid yang terdapat dalam kitab Riyadh As-Sholihin?. Tujuan pembahasan ini adalah untuk mengetahui kata yang terdapat fi’il mazid dan maknanya dalam kitab Riyadh As-Sholihin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif yaitu mengumpulkan data dan mengelompokkan data yang sudah terkumpul kemudian menganalisis dan mendeskripsikan data-data tersebut berdasarkan pada teori yang terkait dengan penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa di dalam kitab Riyadh As-Sholihin terdapat 21 data fi’il mazid dan 8 faidah maknanya .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidz, M. Abdulrelibra13@gmail.comA31213104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmadrelibra13@gmail.com196806082001121001
Subjects: Bahasa Arab
Hukum Islam
Metode Pembelajaran
Keywords: Fi’il Mazid dan makna faidahnya; kitab Riyadh As Sholihin.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: M abdul Hafidz Bani sholeh
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:12
Last Modified: 06 Jan 2020 05:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38119

Actions (login required)

View Item View Item