Pertentangan Kelas Sosial dalam Alquran: Studi Analisis Surat Al-A'raf Ayat 75 Pendekatan Hermeneutika Transformatif Hassan Hanafi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasyim, Ruri Fahrudin (2019) Pertentangan Kelas Sosial dalam Alquran: Studi Analisis Surat Al-A'raf Ayat 75 Pendekatan Hermeneutika Transformatif Hassan Hanafi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ruri Fahrudin Hasyim_E93215080.pdf

Download (9MB)

Abstract

Bicara tentang pembedaan kelas sosial, jamak mengenalnya dengan kelas atas dan kelas bawah, kaya dan miskin, yang seolah adanya diferensiasi kelas ini saling lengkap melengkapi sehingga mampu mencipta hubungan sosial yang harmonis dalam kehidupan sehari-hari. Sekalipun Alquran juga menyebut aghniya’ (kaum kaya) dan masakin (kaum miskin) ataupun fuqara’ (kaum fakir), tetapi di dalamnya terdapat potret mustadh’afin (kaum tertindas) bersama mala’ (kaum aristokrat) yang menindas. Hal ini melukiskan adanya pertentangan kelas yang menyejarah, di mana relasi penindasan ini bisa saja menimbulkan kesadaran bagi mustad’afin, sehingga terpacu untuk melakukan perjuangan kelas sebagai upaya pembebasan.Berdasarkan kajian pustaka (library research) dari kitab-kitab tafsir klasik hingga modern, yang berangkat dari pendekatan hermeneutika transformatif. Di mana Hassan Hanafi mendorong komitmen terhadap problem kontemporer, bahwa interpreter merupakan seorang pejuang sosial politik, sehingga bisa membuahkan tafsiran yang progresif. Seperti halnya menyoal fenomena demonstrasi Reformasi Dikorupsi sepanjang september 2019 silam, adalah wujud dari penolakan masyarakat sipil melalui aksi besar-besaran atas paket kebijakan yang digenjot pemerintah pada masa peralihan periode. Sehingga penting kiranya memotret kembali kaum mustadh’afin hari ini dengan segenap persoalannya, dalam rangka menggali pesan-pesan pembebasan dari konsepsi Alquran yang perlu dimanifestasikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasyim, Ruri Fahrudinrurihasyim97@gmail.comE93215080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusyarrofah, MusyarrofahUNSPECIFIED197106141998032002
Thesis advisorIwanebel, Fejrian YazdajirdUNSPECIFIED198506102015031006
Subjects: Golongan Sosial
Konflik sosial
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Mustadh’afin; Mala’; Perjuangan; Pembebasan.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Ruri Fahrudin Hasyim
Date Deposited: 03 Jan 2020 04:13
Last Modified: 03 Jan 2020 04:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38121

Actions (login required)

View Item View Item