Konstruksi pemikiran kalam A. Hassan dalam Tafsīr Al-Hidāyah (Juz ’Amma)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghufron, Muhammad (2019) Konstruksi pemikiran kalam A. Hassan dalam Tafsīr Al-Hidāyah (Juz ’Amma). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ghufron_E73213136.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kajian tafsir di Indonesia selalu mengalami dinamika seiring berkembangnya zaman. Berbagai karya tafsir dengan variasi dan coraknya lahir di Indonesia. Tafsir Al-Hidayah (Juz ‘Amma) adalah salah satu buah pemikiran A. Hassan, tafsir ini hanya mencakup juz 30 saja dan dibagi ke dalam empat jilid/juz, terdapat dua karya tafsir lagi, Tafsir Al-Fuqan dan Tafsir Surat Yasin. Penelitian ini merupakan upaya untuk mempelajari kembali pemikiran A. Hassan sebagai salah satu ulama karismatik di Indonesia. A. Hassan adalah pentolan dari organisasi keagamaan yaitu PERSIS (Persatuan Islam). Dalam penelitian ini yang digunakan adalah metode kualitatif, metode kepustakaan (library reseach). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan corak adabi ijtima’i, dan model metode ijmali. Penelitian ini terfokus kepada pemikiran A. Hassan tentang Teologi Islam di dalam kitab tafsirnya. penelitian ini yaitu kita mengetahui tentang ideologi A. Hassan, pemikirian A. Hassan, dan corak serta metode penafsiran A. Hassan dalam Kitab Tafsir Al-Hidayah (Juz ‘Amma).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghufron, Muhammadghufronmuhammad970@gmail.comE73213136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDBilla, MutamakkinUNSPECIFIED1977092009011007
UNSPECIFIEDYardho, MohUNSPECIFIED198506102015031006
Subjects: Pemikiran
Tafsir
Keywords: Konstruksi Pemikiran; Teologi Islam; Tafsīr Al-Hidāyah (Juz ‘Amma)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Ghufron
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:47
Last Modified: 03 Jan 2020 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38127

Actions (login required)

View Item View Item