Kisah Gharaniq dan Nabi Muhammad: analisis historiografi terhadap buku Muhammad Prophet for Our Time karya Karen Armstrong

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratina, Wila Yudita (2019) Kisah Gharaniq dan Nabi Muhammad: analisis historiografi terhadap buku Muhammad Prophet for Our Time karya Karen Armstrong. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wila Yudita Pratina_A92216108.pdf

Download (916kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Kisah Ghariniq dan Pernikahan Rasulullah (Analisi Historiografi terhadap buku Muhammad Prophet for Our Time karya Karen Armstrong). Secara garis besar, fokus pembahasan pada kajian ini adalah: (1) Bagaimana biografi dari Karen Armstrong? (2) Apa Metode dan sumber-sumber yang digunakan Karen Armstrong dalam buku Muhammad Prophet for Our Time? (3) Bagaimana analisis dan kritik terhadap historiografi Karen Armstrog dalam Buku Muhammad Prophet for Our Time Mengenai Kisah Gharaniq dan Pernikahan Rasulullah? Studi ini menggunakan metode historis analisis yaitu mendeskripsikan materi sejarah hidup Nabi Muhammad yang terkandung dalam buku Muhammad Prophet for Our Time. Kemudian menganalisis sekaligus mengkritik pembahasan dalam buku tersebut terutama mengenai kisah ayat Ghraniq dan Pernikahan Nabi Muhammad. Studi ini menggunakan pendekatan sosiologi pengetahuan Karl Manheim serta teorinya menggunakan Hermenutika Efektual dari Hans George Gadamer. Berdasarkan Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, (1)Karen Armstrong adalah seorang penulis dan komentor terkemuka mengenai agama-agama di dunia berkewarganegaraan Inggris yang lahir pada 14 November 1944. Banyak sekali buku yang ditulis oleh Karen Armstrong salah satunya mengenai kehidupan Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam denganjudul Muhammad A Prophet for Our Time.(2) Karen Armstrong dalam menulis karyanya Muhammad A Prophet for Our Time, menggunakan dua metode penulisan sejarah yaitu deskriptif naratif dan deskriptif analisis. Sedangkan sumbernya menggunakan sumber-sumber Islam dan sumber dari Barat. (3) Karen Armstrong mencoba bersikap objektif dalam menjelaskan dan mengambarkan kehidupan Nabi Muhammad dalam Muhammad Prophet for Our Time. Namun, disisi lain ada beberapa penjelasannya yang sedikit keliru dan perlu direkontrusi lagi, terutama kajiannya mengenai kisah Gharaniq (ayat-ayat setan) dan pernikahan Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam dengan Hindun binti Abu Ummayah (Ummu Salamah) dan Zainab binti Jahsy yang jika kembali di teliti lebih dalam, maka tidak sesuai dengan analisis menggunakan motede hadis, sumber sarjana Muslim dan dari segi Aqli dan Naqli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratina, Wila Yuditayuditawila@gmail.comA92216108
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, DwiUNSPECIFIED197712212005011003
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Nabi Muhammad
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Karen Armstrong; Muhammad Prophet for Our Time; Historiografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Wila Yudita Pratina
Date Deposited: 03 Jan 2020 06:22
Last Modified: 03 Jan 2020 06:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38129

Actions (login required)

View Item View Item