Eksistensi blater bagi masyarakat desa katol kecamatan gegger kabupaten bangkakalan dalam tinjauan teori konstruksi sosial peter l berger dan Thomas Luckman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Layly, Zulfatul (2019) Eksistensi blater bagi masyarakat desa katol kecamatan gegger kabupaten bangkakalan dalam tinjauan teori konstruksi sosial peter l berger dan Thomas Luckman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zulfatul Layly_I03216030.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat Madura blater ini merupakan suatu golongan sosial yang menjadi pemimpin masyarakat, yang memiliki keberanian dan kekebalan dalam fisik serta memiliki kharisma yang tinggi sehingga disegani oleh masyarakat. Dalam penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengkaji lebih lanjut dalam dua pokok masalah pembahasan yakni: (1) Bagaimana esksistensi blater dikalangan masyarakat desa katol? Dan (2) Bagaimana konstruksi sosial masyarakat desa katol terhadap blater? Adapun penelitian yang dilakukan oleh peneliti, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis mengenai fenomena penelitian ini menggunakan teori Konstruksi Sosial oleh Peter L Berger dan Thomas Luckman. Teori konstuksi sosial di gunakan untuk menganalisis mengenai konstrusksi masyarakat terhadap seorang blater. Dari hasil penelitian ini seorang blater adalah orang yang memiliki kekuasaan di desa, memiliki wilayah, orang yang disegani oleh masyarakat, dan dihormati akan kharismanya. Sebab blater ini yang menjaga keamanan desa serta bisa membuat kondisi desa kondusif. Eksistensi serorang blater ini dalam pandangan masyarakat luar biasa di desa bahkan disejajarkan dengan kiyai. Blater ini orang yang sangat berepengaruh bagi masyarakat desa, masyarakat desa memeprcayakan keamanannya pada blater.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Layly, Zulfatulzulfatullayly@gmail.comI03216030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti UmdatulUNSPECIFIED19760718200122001
Subjects: Kepemimpinan
Keywords: Eksistensi, Blater
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Zulfatul Layly
Date Deposited: 03 Jan 2020 02:22
Last Modified: 03 Jan 2020 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38137

Actions (login required)

View Item View Item