Gaya Hidup Syar'i(Makna Penggunaan Makeup di Kalangan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfah, Iryana (2019) Gaya Hidup Syar'i(Makna Penggunaan Makeup di Kalangan Mahasiswi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Skripsi Ulfah Iryana I73216084.pdf

Download (1MB)

Abstract

Makeup digunakan oleh wanita di berbagai kalangan, salah satunya adalah mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya yang menggunakan makeup sebagai bentuk dari gaya hidup mereka, namun sebagian besar dari mahasiwi UIN Sunan Ampel Surabaya belum tentu mengetahui motif mereka dalam menggunakan makeup. Penelitian ini berfokus pada pembahasan makna penggunaan makeup sesuai syariat islam. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan dua rumusan masalah yaitu; pertama, bagaimana pendapat mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya mengenai makeup syar’i, kedua, bagaimana makna penggunaan makeup bagi mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya. Untuk menjawab penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk memahami makna dibalik tindakan mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya dalam menggunakan makeup, selain itu juga untuk mencari pendapat mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya mengenai makeup syar’i. Dalam proses pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori masyarakat konsumsi (Jean Baudrillard) untuk menganalisis hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pendapat mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya mengenai makeup syar’i yaitu penggunaan makeup yang disunnahkan, makeup yang flawless (natural), makeup yang tidak berlebihan, kandungan bahan yang diperbolehkan oleh agama, terdapat label halal, bisa dipakai beribadah, penggunaan makeup untuk kebaikan, dan makeup yang tidak merusak. 2) Makna penggunaan makeup bagi mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya yaitu untuk untuk mempercantik diri, agar terlihat menarik, agar tampil lebih bersih dan fresh, untuk keperluan pekerjaan, mencari keberkahan hidup, identitas kelompok, tampil percaya diri, Sunnah Nabi, agar lebih terlihat dewasa, untuk menutupi kekurangan di area wajah, untuk kenyamanan diri dan untuk merawat kesehatan kulit. Mahasiswi UIN Sunan Ampel Surabaya mayoritas sudah menerapkan makeup syar’i, hal tersebut dibuktikan dengan jenis makeup yang mereka gunakan adalah makeup natural, mereka menilai makeup syar’i adalah makeup yang digunakan secara tidak berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfah, IryanaUlfahiryana31@gmail.comI73216084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, DwiUNSPECIFIED197212221999032004
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Gaya hidup, syar'i, makna penggunaan make up
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Ulfah Iryana
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:19
Last Modified: 03 Jan 2020 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38138

Actions (login required)

View Item View Item