Metodologi dan corak Tafsir Ahkam min al-Qur’an al-Karim karya Muhammad Salih al-Uthaimin

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhajiroh, Latifatul (2019) Metodologi dan corak Tafsir Ahkam min al-Qur’an al-Karim karya Muhammad Salih al-Uthaimin. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatul Muhajiroh_E93216065.pdf

Download (2MB)

Abstract

Produk tafsir merupakan hasil pemikiran seorang mufassir terhadap ayat Alquran, sehingga tidak bisa ditolak pernyataan yang menyatakan bahwa setiap mufassir mempunyai metode dan corak tafsir masing-masing yang mempengaruhi hasil penafsirannya, dengan kecenderungan yang mereka terapkan, mengakibatkan variasi ragam penafsiran yang berbeda. Peneliti mengambil tafsir ahkam ini karena dalam penguraian dan penjelasannya, al-‘Uthaimin memiliki ciri khas yang berbeda dengan yang lain. jika dilihat dari judulnya, tafsir ini mengarah kepada tafsir ayat hukum/fiqh, tetapi pada hakikatnya tafsir ini bukan hanya memuat ayat-ayat hukum saja, melainkan seluruh ayat Alquran, sehingga menjadi ciri khas tersendiri dibanding dengan tafsir ahkam yang lain, meskipun tidak lengkap 30 juz. Penelitian ini dilakukan dengan mengharap agar dapat menjawab bagaimana arah metode dan corak tafsir yang diterapkan oleh al-‘Uthaimin dalam tafsir Ahkam min al-Qur’an al-Karim, dan kecenderungan penafsirannya. Jenis penelitian yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah ialah penelitian kualitatif, menggunakan metode historis dan analisis-deskriptif, yang terpacu pada data-data kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini bahwa al-‘Uthaimin mempunyai kegigihan dan semangat dalam menuntut ilmu dikarenakan keinginannya untuk meluruskan pemahaman-pemahaman yang salah, sehingga tidak diherankan jikalau banyak karyaya yang berupa lisan dan tulisan yang banyak mengpengaruhi kaum muslim. Tafsir ini mengungkap keagungan hikmah Alquran, dikarenakan makna hukum menurut al-‘Uthaimin adalah hukum syariat dan hikmah serta faedah dari setiap ayat. Jadi meskipun tafsir ini pada kasat matanya berupa tafsir ahkam, tetapi didalamnya tidak hanya membahas ayat yang mengandung hukum syari’at saja, tetapi semua ayat ditafsirkan dengan mengungkap unsur hukum, hikmah serta faedah. Metode yang digunakan oleh al-‘Uthaimin jika dilihat dari sumbernya menggunakan metode tafsir bi al-Ma’thur, yang pemaparannya menggunakan pemaparan rinci (Tahlili), serta jika dilihat dari penyajiannya runtut sesuai mushaf. Penafsirannya terhadap ayat hukum akan ditarik kepada makna hukum syariat dilengkapi juga dengan hikmah dan faedah dari ayat tersebut. Sedangkan jika menafsirkan ayat yang tidak mengandung hukum syariat, maka penafsirannya memaparkan dan megungkap dalil-dalil yang terkandung dalam ayat, serta mengungkap faedah dan hikmah ayat tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhajiroh, Latifatullatifatulmuhajiroh14@gmail.comE93216065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarief, MuhammadUNSPECIFIED2010105601
Thesis advisorMusyarrofah, Musyarrofahe.musyarrofah@yahoo.co.id2014067102
Subjects: Hukum
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Tafsir Ahkam min al-Qur’an al-Karim; al-Uthaimin, hukum
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Latifatul Muhajiroh
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:04
Last Modified: 03 Jan 2020 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38185

Actions (login required)

View Item View Item