Konseling prophetic parenting sebagai model pola asuh orang tua kepada seorang anak agresif di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliatik, Yuliatik (2019) Konseling prophetic parenting sebagai model pola asuh orang tua kepada seorang anak agresif di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yuliatik_B53216066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Proses Konseling Prophetic Parenting sebagai Model Pola Asuh Orang Tua kepada Seorang Anak Agresif di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo ?. (2) Bagaimana Hasil Konseling Prophetic Parenting sebagai Model Pola Asuh Orang Tua kepada Seorang Anak Agresif di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo ?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, dan analisis data dengan metode kualitatif deskriptif komparatif. Dalam penelitian ini, disimpulkan (1) Proses konseling prophetic parenting melalui tahapan-tahapan, yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, treatment dengan menggunakan konseling prophetic parenting, evaluasi dan follow up. Pada konseling prophetic parenting, konselor menggunakan tiga metode, yaitu: menampilkan suri tauladan yang baik, mencari waktu yang tepat untuk memberikan peringatan, bersikap adil dan menyamakan pemberian untuk anak, menunaikan hak anak, membelikan anak mainan, membantu anak untuk berbakti kepada orang tua, serta tidak suka marah dan mencela. (2) Hasil dari dari konseling prophetic parenting adalah terjadi penurunan perilaku agresif pada anak konseli, yaitu: anak tidak lagi memukul, tidak merampas barang temannya dan akan meminta izin jika menginginkan barang tersebut, meminta maaf ketika berbuat salah, dan mulai fokus ketika belajar di kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliatik, Yuliatikhyu.liatik00001@gmail.comB53216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, RagwanUNSPECIFIED196303031992032002
Subjects: Bimbingan Konseling
Orang tua dan Anak
Keywords: Prophetic parenting; pola asuh; anak agresif
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Yuliatik Yuli Warsono
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:18
Last Modified: 06 Jan 2020 08:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38193

Actions (login required)

View Item View Item