Sejarah Perkembangan Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA) di Desa Pagerwojo Sidoarjo Tahun 1998-2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulfikar, Akhmad (2019) Sejarah Perkembangan Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA) di Desa Pagerwojo Sidoarjo Tahun 1998-2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhmad Dzulfikar_A02213010.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sejarah Perkembangan Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA) Di Desa Pagerwojo Sidoarjo Tahun 1998-2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejarah, perkembangan berdirinya Yayasan Muslim Pagerwojo, dan faktor pendukung dan penghambat Yayasan Muslim Pagerwojo. Dalam penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan menjelaskan dari mulai sejarah berdiri dan berkembangnya Yayasan Muslim Pagerwojo hingga saaat ini serta peran-peran Yayasan Muslim Pagerwojo di Pagerwojo. Berdasarkan hasil penelitian didapat bahwa Latar belakang berdirinya yayasan ini berawal dari sebuah perkumpulan para remaja masjid Al-Muttaqin Pagerwojo serta tokoh agama di desa pagerwojo. Perkumpulan ini diadakan untuk membicarakan tentang ide pemikiran bahwa para remaja masjid ingin mengupayakan pendidikan yang layak bagi anak yatim, piatu, dan dhuafa’. Dari pemikiran ide inilah yang mana akan menjadi cikal bakal berdirinya sebuah Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA). Dari awal berdiri hingga sekarang Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA) mengalami perkembangan yang signifikan. faktor pendukung dan penghambat dalam yayasan ini dibagi menjadi 2 yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor pendukung dalam Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA) ini antara lain: kerja keras pengurus yayasan, loyalitas antar anggota, dukungan remaja masjid, jumlah pengurus yang banyak, instansi-instansi umum. Adapun faktor penghambat dalam Yayasan Muslim Pagerwojo (YAMUSPA) ini antara lain: kurang cepat dalam mengambil keputusan rapat yayasan, sarana dan prasarana yang kurang memadai, masyarakat banyak yang menilai negatif terhadap yayasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulfikar, Akhmadfikarakhmad@gmail.comA02213010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzay_74@yahoo.co.id197408121998032003
Subjects: Pendidikan Islam
Pengajaran
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Akhmad Dzulfikar
Date Deposited: 03 Jan 2020 07:44
Last Modified: 03 Jan 2020 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38201

Actions (login required)

View Item View Item