Implementasi Rapid Application Development terhadap Mobile Library di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugraha, Firza Hardy (2019) Implementasi Rapid Application Development terhadap Mobile Library di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firza Hardy Nugraha_H06215005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan salah satu bagian untuk mendukung tercapainya dengan Misi UIN Sunan Ampel Surabaya dapat menjadi poros belajar yang representatif bagi civitas akademika UIN Sunan Ampel Surabaya. Setiap bertambahnya tahun pastinya Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya menambah layanan untuk civitas akademika di UIN Sunan Ampel Surabaya. Salah satunya dengan adanya sistem informasi berbasis website yang dapat diakses melalui catalog.uinsby.ac.id. Banyak pemustaka khususnya mahasiswa mengalami keresahan dalam pengembalian karena tidak terdapat fitur pengingat untuk tenggan waktu mengembalikan buku. Serta berakibat jumlah denda yang bertambah banyak untuk setiap harinya. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk pemustaka lebih leluasa menggunakan layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya yang dikemas dalam suatu aplikasi mobile library dengan menggunakan framework Ionic. Penelitian ini menggunakan metode RAD untuk mengembangkan aplikasi. Kelebihan dan kekurang dalam metode RAD salah satunya, kelebihan RAD mempunyai sifat fleksibel dalam pengembangannya jadi tidak menunggu proses satu ke satu untuk dapat dikerjakan. Hasil dalam penelitian ini adalah terciptanya aplikasi mobile library yang terdapat fitur perpanjangan online, pengingat tanggal kembali buku yang dipinjam, dan jumlah total denda buku yang mengalami keterlambatan. Sehingga tidak mengganggu sirkulasi buku apabila mengalami keterlembatan dalam pengembalian buku dan tetap terjaga pemerataan disetiap pemustaka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugraha, Firza Hardyfirzahardy@gmail.comH06215005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlham, Ilhamilham@uinsby.ac.id198011082014031002
Thesis advisorYusuf, Amroziyusuf.amrozi@uinsby.ac.id197607032008011014
Subjects: Teknologi
Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: firza hardy nugraha
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:20
Last Modified: 06 Jan 2020 07:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38212

Actions (login required)

View Item View Item