Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce terhadap Buku Muslimah yang Diperdebatkan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'ah, Aiddatun (2019) Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce terhadap Buku Muslimah yang Diperdebatkan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aiddatun Nafi'ah_E21215057-watermark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Buku Muslimah yang Diperdebatkan adalah hasil karya seorang perempuan yang gigih terhadap perlawanan dan menyuarakan hak-hak perempuan. Kalis Mardiasih adalah salah seorang aktivis feminis, memperjuangkan ketidakadilan gender yang seringkali mengkritik ketidakadilan terhadap perempuan, dan dia juga aktif di jaringan Gusdurian. Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui posisi perempuan yang digambarkan dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan, sebagaimana dalam perspektif semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap simbol yang mengacu kepada perempuan sebagai alat komersial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (library research). Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan teori semiotika Charles Sanders Peirce sebagai kacamata dalam analisa pembahasan tersebut. sebagaimana disebutkan, bahwa teori tersebut menggunakan triadic dalam membaca permasalahan, yaitu: Representamen, objek, dan interpretan. Dalam penelitian ini ditekankan dalam hubungan antara representamen dengan objek, dalam objek itu sendiri terdapat ikon, indeks, dan simbol yang digunakan sebagai analisa untuk mengungkap makna dalam buku Muslimah yang Diperdebatkan. Dalam penelitian ini yaitu perempuan yang selayaknya dijaga kehormatannya agar derajatnya diangkat dan disetarakan dengan laki-laki, serta perempuan hanya dijadikan sebagai objek. Bentuk ketidakadilan gender seperti marginalisasi, subordinasi, stereotip, kekerasan, dan beban kerja ganda. Tubuh perempuan yang dijadikan sebagai aset sehingga boleh diobjektifikasi pada billboard iklan, siaran televisi, juga bahasa media yang mereduksi entitas keperempuanan sebatas kata cantik atau seksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'ah, Aiddatunaiddatunnafiah02@gmail.comE21215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com197101301997032001
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com198011262011011004
Subjects: Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Aiddatun Nafi'ah
Date Deposited: 03 Jan 2020 03:13
Last Modified: 03 Jan 2020 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38216

Actions (login required)

View Item View Item