Peran KH. Ma'shum Ahmad dalam mendirikan Nahdlatul Ulama di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang (1926-1972)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Lusi (2019) Peran KH. Ma'shum Ahmad dalam mendirikan Nahdlatul Ulama di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang (1926-1972). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lusi Handayani_A92215096.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini membahas permasalahan: (1) Bagaimana Biografi KH. Ma’shum Ahmad? (2) Bagaimana kondisi NU dan keagamaan Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang? (3) Bagaiman peran KH. Ma’shum Ahmad dalam mendirikan NU di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang? Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap: heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologi. Melalui pendekatan ini bisa dikatakan sebagai sejarah sosial, karena pembahasanya mencakup golongan sosial yang berperan, hubungan sosial dan lain sebagainya. Sedangkan, landasan teori yang digunakan ialah teori peran, teori yang dikatakan oleh Biddle dan Thomas yang dikutip oleh Edy Suhardono dalam bukunya: teori peran, konsep derivasi dan implikasinya yang berbunyi “Peran Sebagai Suatu Fungsi yang dibawakan oleh seseorang ketika menduduki suatu posisi dalam struktur sosial. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Muhammadun ialah nama asli yang diberikan orang tuanya, ia dinyatakan lahir di Lasem sekitar tahun 1870 M. Nama Muhammadun berubah menjadi Ahmad Ma’shum setelah Ia melaksanakan haji. 2. NU di Lasem mendapat respon positif dari sejumlah kalangan santri maupun masyarakat pedesaan. KeIslaman Lasem tidak diragukan lagi, banyak kiai dan pondok pesantren yang tidak jarang di jumpai. 3. Tahun 1918 Mbah Ma’shum mendirikan pesantren Al-Hidayat sebagai sarana untuk mengajarkan dan menyebarkan NU. Ia seorang pejuang kemerdekaan, ketika terjadi pemberontakan PKI, rumahnya dijadikan markas untuk mengatur strategi pemberontakan PKI. Di bidang politik, ia juga memberikan perhatian cukup besar terhadap NU, disaat usianya sudah lanjut ia menjadi anggota konstituante, hal tersebut dilakukan sebagai bukti cintanya terhadap NU .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, Lusilusi02889@gmail.comA92215096
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaid, Imam GhazaliUNSPECIFIED196002121990031002
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Nahdlatul Ulama
Keywords: Nahdlatul Ulama; Pejuang Kemerdekaan; Politik
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Lusi handayani
Date Deposited: 06 Jan 2020 04:54
Last Modified: 06 Jan 2020 04:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38227

Actions (login required)

View Item View Item