Deskripsi Kiamat Dalam Al-Qur'an: telaah Interpretasi Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Kiamat Dalam Kitab Tafsir Ilmi Kementrian Agama Ri Dan Lipi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Khabibatur (2019) Deskripsi Kiamat Dalam Al-Qur'an: telaah Interpretasi Ayat-Ayat Al-Qur'an Tentang Kiamat Dalam Kitab Tafsir Ilmi Kementrian Agama Ri Dan Lipi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khabibatur Rohmah_E93215112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pergolakan pendapat para ulama mengenai tafsir ilmi seakan tidak ada habisnya. Dan dengan perkembangan sains dan ilmu pengetahuan, hal itu menjadi salah satu pemicu berkembangannya khazanah tafsir ilmi di berbagai negara Muslim, tak terkecuali Indonesia. Sebuah lembaga dalam struktural pemerintahan Indonesia yakni kementrian agama RI dan LIPI ikut mewarnai perkembangan tafsir ilmi dengan menyusun tafsir ilmi. Dalam tafsir ilmi, terdapat salah satu tema yang menarik untuk dicermati yaitu kiamat, berbicara mengenai kiamat merupakan suatu perkara yang ghaib dan tidak ada seorangpun yang mengetahuinya, namun dalam tafsir ilmi dapat ditafsirkan menggunakan teori sains. Pada penelitian ini, penulis mencoba menganalisis penafsiran kementrian agama RI dan LIPI tentang ayat-ayat kiamat. Penelitian tersebut tidak lain bertujuan untuk membuktikan bahwa al-Qur'an dan sains tidaklah bertentangan, dan al-Qur'an menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia, meskipun hal tersebut bersifat ghaib dan belum terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) karena sumber yang digunakan dalam penelitian ini terkait dengan telaah kepustakaan. Dalam teknik pengumpulan data-data yang relevan dengan pembahasan penulis menggunakan metode dokumentasi, kemudian data-data tersebut disajikan melalui teknik analisis deskriptif dengan pendekatan analisis isi (content analysis), untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai interpretasi kementrian agama RI dan LIPI tentang kiamat.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penafsiran yang disajikan oleh kementrian agama RI dan LIPI sangat kental dengan penafsiran ilmiahnya, yang kemudian dari beberapa penemuan atau teori ilmiah yang diambil juga dianalogikan pada keadaan Indonesia. Terkait dengan penafsiran ayat-ayat kiamat, ditemukan beberapa persamaan dan juga perbedaan dengan beberapa mufassir ilmi lainnya, akan tetapi perbedaan penafsiran tersebut tidak menimbulkan kontradiksi yang signifikan, bahka dapat dikatakan teori ilmiah yang digunakan tersebut saling melengkapi. Dan pada dasarnya peristiwa terjadinya kiamat tidak dapat digambarkan oleh teori ilmiah atau ilmu pengetahuan, karena hal itu merupakan diluar kelaziman hukum alam yang mana dikenal dengan sebutan sains.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Khabibaturhabyba.nurrohmah@gmail.comE93215112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholid, Abdulalidoktaf@gmail.com196502021996031003
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com197804172009011009
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kiamat; Al-Qur’an; Kitab Tafsir Ilmi.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Khabibatur Rohmah
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:26
Last Modified: 03 Jan 2020 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38231

Actions (login required)

View Item View Item