Sikap terhadap hoax: studi ma’ani al hadith dalam kitab Sahih al Bukhari nomor indeks 2661

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muzammil, Muzammil (2019) Sikap terhadap hoax: studi ma’ani al hadith dalam kitab Sahih al Bukhari nomor indeks 2661. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muzammil_E05215023.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan mengacu pada rumusan masalah yang pertama yakni bagaimana kualitas hadis ifki dalam riwayat al-Bukhari nomor indeks 2661. Kedua ialah bagaimana pemaknaan hadis ifki dalam riwayat al-Bukhari nomor indeks 2661 dan ketiga ialah bagaimana penerapan makna hadis ifki dalam menyikapi Fenomena Hoax.Dalam proses analisanya, penelitian ini bersifat library research (kepustakaan) dan menggunakan metode deskriptif yakni dengan pengumpulan data yang kemudian dianalisa. Adapun pada tahap analisa, penelitian ini juga menggunakan teknik komparatif dalam rangka membandingkan beberapa hal yang menjadi objek penelitan. Penelitian ini dilakukan dalam rangka memahami makna hadis ifki pada riwayat al-Bukhari dan kaitannya terhadap upaya dalam menyikapi fenomena hoax. Fenomena penyebaran hoax (berita bohong) sendiri tidak hanya terjadi di akhir-akhir ini melainkan sejak zaman dahulu. Hasil dan kesimpulan dari penelitian ini ialah hadis tentang ifki berderajat sahih, dan kandungan maknanya tidak bertentang dengan al-Quran dan hadis yang setema dan mengenai sikap Rasulullah SAW dalam menyikapi hoax yang telah beredar di khalayak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muzammil, Muzammilhasbullahmuzammil@gmail.comE05215023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Hadis
Keywords: Hoax; ifki; pemaknaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Muzammil Muzammil
Date Deposited: 03 Jan 2020 08:35
Last Modified: 13 Feb 2020 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38235

Actions (login required)

View Item View Item