Analisis terhadap Kitab Taj al-Muhtajin wa Sayf al-Marzukin terhadap perekonomian santri Pondok al-Hakiki Sidosermo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naufal, Ahmad (2019) Analisis terhadap Kitab Taj al-Muhtajin wa Sayf al-Marzukin terhadap perekonomian santri Pondok al-Hakiki Sidosermo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Naufal_E87215029.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas kritik tajam terhadap pengamal ijazah wirid dalam kitab taj Muhtajin wa Sayf al-Marzuqin karya Saiful Mulk terhadap Perekonomian Santri Pondok al-Hakiki Sidosermo Surabaya. Pasalnya para pengamal Ijazah-wirid tersebut hanya mengandalkan wirid yang tertera pada kitab taj Muhtajin wa Sayf al-Marzuqin saja, tanpa mengimbanginya dengan bekerja keras. Adapun rumusan masalah yang dieksplorasi adalah, 1) Bagaimana Ijazah wirid di dalam kitabtaj Muhtajin wa Sayf al-Marzuqin ?. dan 2) Bagaimana kritik terhadap pengamal ijazah wirid dalam kitab taj Muhtajin wa Sayf al-Marzuqin ?. untuk menjawab rumusan masalah diatas maka penulis menggunakan jenis metode penelitian kualitatifmelalui pendekatan fenomenologi, dimana penulis mengamati fenomena di sekitar lingkungan pondok al-Hakiki—sebagai fokus obyektivitas pada riset ini. Dalam riset ini, penulis menemukan bahwa; 1. Isi Ijazah dari kitab taj Muhtajin wa Sayf al-Marzuqin yang dianjurkan untuk para pengamalannya adalah bacaan surah al-Waqi'ah, Shalawat Futuhat, puasa, dan salat sunnah rezeki. 2. Pada dasarnya wirid dalam pandangan tasawuf hanya berkutat pada dimensi ketenangan jiwa dan pikiran, karena banyak riset yang memploklamirkan bahwa wirid hanya sebagai eskapisme untuk orang-orang modern yang hampa akan spiritualitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naufal, Ahmadnaufal051296@gmail.comE87215029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiyadi, Abdul KadirUNSPECIFIED2013087003
Thesis advisorZamzami, Mukhammadzamzami81@yahoo.com2015098101
Subjects: Tasawuf
Keywords: Kitab Taj Muhtajin wa Sayf al-Marzuqin; Spiritualitas; perekonomian; santri; Pondok Sidosermo
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahmad Naufal
Date Deposited: 03 Jan 2020 09:07
Last Modified: 03 Jan 2020 09:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38240

Actions (login required)

View Item View Item