Strategi diplomasi komersial Indonesia dalam bidang ekonomi digital melalui Next Indonesia Unicorn (NextICorn)tahun 2017-2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Khoiriyah, Nurul Faizah (2019) Strategi diplomasi komersial Indonesia dalam bidang ekonomi digital melalui Next Indonesia Unicorn (NextICorn)tahun 2017-2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Faizah Al Khoiriyah_I72215019.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha mendeskripsikan strategi diplomasi komersial Indonesia dalam bidang ekonomi digital melalui Next Indonesia Unicorn (NextICorn) tahun 2017-2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kerangka diplomasi komersial dari Evan Potter, pemerintah Indonesia dan pelaku bisnis telah melakukan lima aktivitas yang mendukung diplomasi komersial dengan venture capital terbaik yang berasal dari Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, China dan Singapura. Aktivitas tersebut adalah: membangun citra positif dengan tujuan untuk menarik penanaman modal asing, menyediakan data bagi venture capital dan startup melalui forum NextICorn, melakukan roadshow ke berbagai negara untuk mengundang venture capital, melaksanakan proses negosiasi antara venture capital dan startup digital, dan membentuk Yayasan Next Indonesia Unicorn. Melalui berbagai upaya tersebut dapat dilihat bahwa startegi diplomasi komersial Indonesia dalam bidang ekonomi digital melalui Next Indonesia Unicorn dilakukan melalui aktivitas promotion of foreign direct investment, intelligent, networking and public relations, contract negotiator of implementation dan problem-solving.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Khoiriyah, Nurul Faizahfaizahalkhoiriyah@gmail.comI72215019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmaliyah, Ridharidha.amaliyah@gmail.com201409001
Subjects: Ekonomi
Politik Internasional
Keywords: Strategi; Diplomasi Komersial; Ekonomi Digital; Next Indonesia Unicorn
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Nurul Faizah Al Khoiriyah
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:06
Last Modified: 06 Jan 2020 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38248

Actions (login required)

View Item View Item