Prediksi awal waktu shalat berdasarkan titik belok kecerahan langit menggunakan metode Support Vector Regression dan Restricted Cubic Spline

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardhiyah, Nurul (2019) Prediksi awal waktu shalat berdasarkan titik belok kecerahan langit menggunakan metode Support Vector Regression dan Restricted Cubic Spline. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Ardhiyah_H02216013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian mengenai kecerahan langit merupakan salah satu faktor yang penting untuk observasi astronomi, karena setiap perubahan waktu ditandai dengan perubahan kondisi langit. Data kecerahan langit yang digunakan diperoleh dari alat SQM di LAPAN BPAA Pasuruan yang akan digunakan untuk mengetahui ketepatan awal waktu Shalat Shubuh dan Shalat Isya. Pada penelitian ini dilakukan 3 tahap untuk memprediksi awal waktu Shalat, yaitu tahap prediksi menggunakan Support Vector Regression, tahap pembentukan model persamaan garis regresi menggunakan Restricted Cubic Spline, dan yang terakhir tahap penentuan titik belok kecerahan langit. Prediksi data kecerahan langit untuk penentuan titik belok awal waktu Shalat Isya menggunakan metode Support Vector Regression mendapatkan nilai akurasi RMSE sebesar 0,05146 dan MAPE sebesar 0,23%, sedangkan pada data kecerahan langit untuk menentuan titik belok awal waktu Shalat Shubuh mendapatkan nilai akurasi RMSE sebesar 0,26974 dan MAPE sebesar 2,28%. Pembentukan model persamaan garis regresi menggunakan Restricted Cubic Spline pada data kecerahan langit untuk penentuan titik belok awal waktu Shalat Isya mendapatkan nilai akurasi RMSE sebesar 0,0349 dan R2 sebesar 0,9482, sedangkan pada data kecerahan langit untuk penentuan titik belok awal waktu Shalat Shubuh mendapatkan nilai akurasi RMSE sebesar 0,0747 dan R2 sebesar 0,9120. Kemudian didapatkan nilai titik belok awal waktu Shalat Isya pada 4-8 Oktober sebesar 72,81 atau awal waktu Shalat Isya dimulai pukul 18.33 WIB. Sedangkan nilai titik belok awal waktu Shalat Shubuh pada 4-8 Oktober sebesar 7,05 atau awal waktu Shalat Isya dimulai pukul 03.57 WIB.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardhiyah, Nurulnurulardhiyah@gmail.comH02216013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNovitasari, Dian Candra Rinidiancrini@uinsby.ac.id2024118502
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Kecerahan Langit; Awal Waktu Shalat; Support Vector Regression; Restricted Cubic Spline; Titik Balik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Nurul Ardhiyah
Date Deposited: 07 Jan 2020 07:53
Last Modified: 07 Jan 2020 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38259

Actions (login required)

View Item View Item