Analisis teori konsumsi Islam terhadap pola konsumsi siswa melalui penggunaan aplikasi SKOLA: studi kasus di SMK PGRI 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purbayudha, Manida Niti (2019) Analisis teori konsumsi Islam terhadap pola konsumsi siswa melalui penggunaan aplikasi SKOLA: studi kasus di SMK PGRI 13 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Manida Niti Purbayudha_F12417327.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kesadaran mengkonsumsi yang terkontrol baik pula diajarkan pada remaja yang saat ini sedang dimanjakan dengan teknologi seperti tidak berlebihan dalam berbelanja, memperhatikan kehalalan makanan, dan sikap bermoral, dengan aplikasi SKOLA yang diusung oleh PT. Surya Sakti Teknologi ini pun sedang ikut berkontribusi dibidang bisnis online yang cenderung memperhatikan pada lembaga pendidikan di Indonesia khususnya wilayah Surabaya yaitu SMK PGRI 13 Surabaya. Kecenderungan siswa yang menyukai potongan harga, cashback, dan sifat tidak ingin berbelanja dengan cara yang rumit terbaca oleh perusahaan ini, sehingga menciptakan aplikasi yang disesuaikan dengan para siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana pola konsumsi siswa melalui aplikasi SKOLA di SMK PGRI 13 Surabaya, bagaimana analisis teori konsumsi Islam terhadap pola konsumsi siswa melalui penggunaan aplikasi SKOLA di SMK PGRI 13 Surabaya. Untuk menjawab beberapa permasalahan di atas, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi terhadap sumber terkait. Analisa pengelolaan data menggunakan dengan empat cara yaitu editing data, klasifikasi data, memberi kode pada data yang didapat, dan menganalisa data dengan mengorganisasikan data, menjabarkan ke dalam unit-unit, melakukan sintesa, menyusun dalam pola, memilih mana yang penting dan yang akan dipelajari dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola konsumsi siswa SMK PGRI 13 Surabaya telah menerapkan sikap tidak berlebih-lebihan, memiliki rasa berempati sehingga para siswa banyak menolong sesama temannya dengan bersedekah makanan atau berinfak uang, menerapkan adab ketika makan dan minum, selalu teliti dengan label halal dan tanggal kadaluwarsa, melakukan saving untuk berjaga-jaga. Teori konsumsi Islam juga telah diterapkan siswa melalui aplikasi SKOLA dengan lima prinsip yaitu: prinsip keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati, dan prinsip moralitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan pola konsumsi yang mereka lakukan selama menggunakan aplikasi ini, sudah banyak kesadaraan yang dilakukan dan telah mencerminkan perilaku konsumsi dalam Islam. Adapun untuk saran dari peneliti yaitu memberi label halal pada setiap produk, mengurangi kapasitas aplikasi supaya tidak membebani ruang penyimpanan pada smartphone, memperluas jaringan pada sekolah Islam dan koperasi pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purbayudha, Manida Nitimanidanitipy@gmail.comF12417327
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yudha Manida
Date Deposited: 09 Jan 2020 02:52
Last Modified: 09 Jan 2020 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38278

Actions (login required)

View Item View Item