Karakteristik Aljabar Lie dengan Aljabar BCL (Binary and Constant's Liu)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Muchamad Jaenal (2019) Karakteristik Aljabar Lie dengan Aljabar BCL (Binary and Constant's Liu). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchamad Jaenal Abidin_H72216061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Himpunan merupakan kumpulan objek yang terdefinisi dengan jelas. Ruang vektor adalah himpunan tak kosong V atas lapangan F yang dilengkapi dengan suatu operasi ◦ yang memenuhi aksioma-aksioma tertentu dari ruang vektor. Suatu himpunan tak kosong X dengan konstanta 0 yang dilengkapi dengan operasi biner ∗ disebut sebagai aljabar BCL (Binary and Constant’s Liu), apabila memenuhi aksioma-aksioma tertentu dari aljabar BCL. Ruang vektor V atas lapangan F yang dilengkapi dengan pemetaan bilinier dan memenuhi aksioma-aksioma tertentu dari aljabar Lie, maka disebut sebagai aljabar Lie. Beberapa sifat yang ada pada aljabar BCL ternyata dapat membentuk aljabar Lie, begitupun sebaliknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan karakteristik dari aljabar BCL dan aljabar lie berdasarkan pada sifat yang ada pada masing-masing aljabar, menganalisis hubungan antara aljabar Lie dengan aljabar BCL, menjelaskan definisi dari aljabar pseudo BCL serta menganalisis hubungan antara aljabar pseudo BCL dengan aljabar Lie. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan, didapatkan sifat-sifat dari aljabar Lie, aljabar BCL dan aljabar pseudo BCL. Sifat-sifat dari aljabar Lie dapat membentuk aljabar BCL dengan syarat x ∗ y = [x, y] − [y, x], (x ∗ y) ∗ z = [[x, y], z] dan 0 ∗ x = 0 = [x, x] untuk setiap x, y, z elemen dari aljabar Lie dan jika aljabar Lie abelian, maka dapat pula membentuk aljabar BCL dengan x = y = z. Selain itu, sifat-sifat dari aljabar pseudo BCL dapat membentuk aljabar Lie dengan syarat [x, y] = (x ∗ y) − (y ∗ x) untuk setiap x, y elemen dari aljabar Lie. Jika x = y maka aljabar pseudo tersebut akan membentuk aljabar Lie abelian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, Muchamad Jaenalzaenalabidin169@gmail.comH72216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Wika DianitaUNSPECIFIED199206102018012003
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Aljabar Lie; Aljabar BCL
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Jaenal Abidin
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:26
Last Modified: 11 Feb 2020 02:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38287

Actions (login required)

View Item View Item