Konseling usrah dalam menangani perilaku cyberbullying Ikatan Mahasiswa Negeri Sarawak (IKWANS) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kadari, Rahimah Binti (2019) Konseling usrah dalam menangani perilaku cyberbullying Ikatan Mahasiswa Negeri Sarawak (IKWANS) Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahimah Binti Kadari_B43215131.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fokus masalah yang diteliti di dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Konseling Usrah dalam Menangani Perilaku Cyberbullying IKWANS? (2) Bagaimana Hasil Proses Konseling Usrah dalam Menangani Perilaku Cyberbullying IKWANS? Dalam menjawab masalah tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data dikumpul, analisa dilakukan untuk mengetahui proses dan hasil penelitian, yaitu dengan membandingkan antara teori usrah Hasan AlBanna dengan penelitian lapangan IKWANS Surabaya serta membandingkan kondisi klien sebelum dan selepas diberikan Konseling Usrah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Klien berkurang dalam memposting luapan perasaan di media sosial (Flaming), (2) Klien sudah tidak berbagi (share) isu viral di media sosial tanpa mengira kesahihan atau perasaan korban cyberbulling (Viral Power), (3) Klien tidak lagi mengomentar sesuatu secara kasar dan negatif atau fitnah (Trolling) dan (4) Klien tidak lagi melecehkan dan merendahkan orang lain di media sosial (Harrasment). Secara keseluruhannya, metode Konseling Usrah sangat membantu perubahan klien dalam memperbaiki perilaku cyberbullying seperti yang dinyatakan di dalam hasil penelitian dengan kegiatan Konseling Usrah seperti tilawah dan metadabbur ayat Al-Quran untuk dijadikan pengajaran, melakukan kajian buku atau mana-mana sumber untuk menambah ilmu tentang cyberbullying (awareness), memperkenalkan Kampanye Anti Buli Siber dan menayangkan video dan lagu yang terkait (latest news/issues), melakukan muhasabah diri, meningkatkan ketaatan kepada Allah (qiamullail berjamaah) dan melakukan riadhah untuk tetap bugar dan sehat dari segi mental dan fizikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kadari, Rahimah Bintieymah94love@gmail.comB43215131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, RagwanUNSPECIFIED196303031992032002
Subjects: Agama
Bimbingan Konseling
Keywords: Konseling Usrah; Cyberbullying; Media Sosial.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rahimah Kadari
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:20
Last Modified: 06 Jan 2020 06:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38293

Actions (login required)

View Item View Item