Implementasi metode volume hingga pada gelombang air laut di perairan Selat Sunda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Uswatun (2019) Implementasi metode volume hingga pada gelombang air laut di perairan Selat Sunda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uswatun Khasanah_H02216017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Selat Sunda merupakan perairan yang berhubungan langsung antara Laut Jawa dan Samudera Hindia. Secara geografis, Selat Sunda terletak diantara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa yang memiliki peran penting dalam jalur transportasi antar pulau, aktivitas industri serta sebagai pusat pembangkit listrik PLTU Suralaya. Jalur transportasi laut sangat bergantung dengan ketinggian gelombang air laut itu sendiri, yang apabila gelombang air laut tinggi maka akan membahayakan pengguna transportasi laut. Gelombang air laut merupakan salah satu masalah fisis yang dapat diselesaikan secara matematis. Terdapat beberapa metode yang dapat digunakan sebagai penyelesaian secara matematis dari gelombang air laut salah satunya yaitu dengan metode volume hingga. Metode volume hingga adalah suatu pendekatan numerik yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan numerik agar didapatkan hasil simulasi terhadap gelombang air laut. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode volume hingga dalam menemukan solusi numerik agar didapatkan simulasi yang mendekati dengan model gelombang air laut yang sesungguhnya. Pada skripsi ini digunakan persamaan pengatur yang merupakan shallow water equation atau yang disebut dengan persamaan air dangkal yang kemudian didiskritisasi dengan menggunakan salah satu skema yang ada pada metode volume hingga yaitu skema Godunov. Hasil yang didapatkan yaitu model gelombang air laut yang stabil dengan syarat kestabilan yaitu ∆t/∆x 2gb ≤ 1.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Uswatunuswatun.khasanah741@gmail.comH02216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Selat Sunda; Model Gelombang Air; Metode Volume Hingga; Skema
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Uswatun Khasanah
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:00
Last Modified: 06 Jan 2020 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38298

Actions (login required)

View Item View Item