Pengelompokan Kabupaten di Jawa Timur berdasarkan variabel jenis pertanian menggunakan metode Hybrid Hierarchical Clustering Via Mutual Cluster

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mu'afa, Sulthan Fikri (2019) Pengelompokan Kabupaten di Jawa Timur berdasarkan variabel jenis pertanian menggunakan metode Hybrid Hierarchical Clustering Via Mutual Cluster. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulthan Fikri Mu'afa_H72216069.pdf

Download (1MB)

Abstract

Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki sumber daya pertanian terbesar diantara memiliki rumah tangga usaha pertanian terbesar di Indonesia dibanding provinsi-provinsi yang lain. Sehingga Jawa Timur mulai mengembangkan pusat agribisnis dengan cara membentuk sentral-sentral produk pertanian dan pengolahan industri hasil pertanian. Dengan adanya hal tersebut Pemerintah Jawa Timur perlu mengembangkan komoditi unggulan di tiap daerah di Jawa Timur. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan kabupaten di Provinsi Jawa Timur berdasarkan variabel jenis pertanian dengan metode hybrid hierarchical clustering via mutual cluster yaitu menggabungkan kelebihan bottom-up clustering dan kelebihan top-down clustering. Mutual cluster yakni pengelompokkan dengan jarak terbesar antara bagian dalam kelompok yang kecil dari jarak yang terpendek kepada tiap titik di luar kelompok. Dalam penelitian ini, perhitungan jarak menggunakan jarak euclidean. Perhitungan pembagian didapat dengan mencari nilai Sw yang minimal dan nilai Sb yang maksimal, serta digunakan perhitungan analyze of varians. Hasil pengelompokkan yang diperoleh didapatkan sebanyak 9 kelompok dengan nilai Sw sebesar 725.934, nilai Sb sebesar 1.475.978 dan nilai Fhitung sebesar 7,908 .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mu'afa, Sulthan Fikrifikrimuafa@gmail.comH72216069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id199011022014032004
Subjects: Matematika
Pertanian
Keywords: Agriculture; Hybrid Hierarchical Clustering; Mutual Cluster; Euclidean Distance; Analyze of Varians
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Sulthan Fikri Mu'afa
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:17
Last Modified: 06 Jan 2020 06:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38317

Actions (login required)

View Item View Item