Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Tipe Ideal Dan Pq4r Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faidati, Laili (2019) Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Tipe Ideal Dan Pq4r Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Laili Faidati_D04214009.pdf

Download (4MB)

Abstract

Strategi metakognitif merupakan cara untuk meningkatkan kesadaran berpikir tentang apa yang diketahui dan tidak diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP dalam proses pembelajaran menggunakan strategi metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R, dan untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R dengan siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional.Jenis penelitian ini adalah quasi-experimental dengan desain penelitian Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Hasjim Asj’ari Sidoarjo. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-D sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 peserta didik dan diambil menggunakan teknik pengambilan sampel acak sederhana. Penelitian ini menggunakan metode observasi yang dilakukan oleh dua orang pengamat untuk mengetahui keterlaksanaan RPP dalam proses pembelajaran menggunakan strategi metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R, dan tes hasil belajar yang berupa tes tulis untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan strategi metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil pengamatan keterlaksanaan RPP pada kelas eksperimen diperoleh skor keseluruhan yakni 2,99. Sedangkan hasil pengamatan pada kelas kontrol diperoleh skor yakni 3. Sehingga dapat disimpulkan bahwa RPP dengan menggunakan strategi metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R pada kelas eksperimen dan RPP dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, keduanya terlaksana dengan baik. Hasil penelitian, didapatkan Hasil uji Mann-Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) post test kelas kontrol dan tes tulis kelas eksperimen adalah 0,022 ≤ 0, 050 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak H1 diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R. Perbedaan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil post test siswa kelas kontrol sebesar 68,67 dan kelas eksperimen sebesar 78,83.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faidati, Laililailifaidati30@gmail.comD04214009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, SitiUNSPECIFIED198409282009122007
Thesis advisorKurniawan, Agus PrasetyoUNSPECIFIED198308212011011009
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi Metakognitif tipe IDEAL dan PQ4R; Hasil Belajar Matematika.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Laili Faidati
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:53
Last Modified: 06 Jan 2020 07:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38356

Actions (login required)

View Item View Item