Analisis peningkatan hasil penilaian konsep limit fungsi aljabar pada pembelajaran core menggunakan teknik centroid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Farihatul (2019) Analisis peningkatan hasil penilaian konsep limit fungsi aljabar pada pembelajaran core menggunakan teknik centroid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farihatul Mukarromah_D94214098.pdf

Download (8MB)

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah adalah agar siswa mampu memahami konsep matematika. Salah satu konsep matematika yang perlu dipahami yaitu konsep limit fungsi aljabar, karena konsepnya yang bersifat abstrak. Oleh karena itu, model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan pemahaman konsep adalah model pembelajaran CORE. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pemahaman konsep limit fungsi siswa setelah penerapan pembelajaran CORE dan mengetahui perbedaan antara pemahaman konsep limit fungsi siswa sebelum penerapan pembelajaran CORE dengan pemahaman konsep limit fungsi siswa setelah penerapan pembelajaran CORE. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan data kuantitatif, subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 6 di SMAN 1 Taman yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan logika fuzzy FIS Mamdani dan teknik centroid. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa ada satu siswa dengan pemahaman konsep sangat kurang, satu siswa dengan pemahaman konsep kurang, 23 siswa pemahaman konsep sedang, 6 siswa pemahaman konsep tinggi, dan satu siswa pemahaman konsep sangat tinggi. Pemahaman konsep limit fungsi siswa setelah penerapan pembelajaran CORE lebih baik daripada pemahaman konsep limit fungsi siswa sebelum penerapan pembelajaran CORE dengan nilai posttest = 2,515625 > nilai pretest = 2,1764.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Farihatulfarihatul.mukarromah@gmail.comD94214098
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul UswahUNSPECIFIED198309262006042002
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIED198111182009121003
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Tes Belajar
Keywords: Pemahaman Konsep; Logika Fuzzy; Teknik Centroid
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Farihatul Mukarromah
Date Deposited: 06 Jan 2020 07:46
Last Modified: 06 Jan 2020 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38363

Actions (login required)

View Item View Item