Peran KH. Ali Shodiq Umman Dalam Islamisasi di Desa Ngunut Kabupaten Tulungagung (1967-1999)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chahyaningtias, Richa (2019) Peran KH. Ali Shodiq Umman Dalam Islamisasi di Desa Ngunut Kabupaten Tulungagung (1967-1999). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Richa Chahyaningtias _A92215117.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekripsi ini berjudul “ Peran KH. Ali Shodiq Umman dalam islamisasi di Desa Ngunut Kabupaten Tulungagung (1967-1999)” membahas permasalahan: (1) Bagaimana letak geografis Desa Ngunut Kabupaten Tulungagung dan biografi KH. Ali Shodiq Umman? (2) Bagaimana peran dan kontribusi KH. Ali Shodiq Umman dalam penyebaran islam? (3) Bagaimana strategi KH. Ali Shodiq dalam menyebarkan islam? Sekripsi ini menggunakann metode penelitian sejarah dengan melalui empat tahapan: heuristik, verifikasi, interpretasi dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis yang mana pendekatan ini meliputi tentang tempat, waktu, objek dan latar belakang peristiwa yang akan dikaji. Dan untuk landasan teorinya menggunakan teori kebudayaan dari Cliffeord Geertz yang mana kebudayaan merupakan objek dalam suatu kehidupan yang dikemas dalam objek-objek tertentu dalam sebuah sejarah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Ali Shodiq Umman adalah anak ke-7 dari 18 bersaudara, yang akhirnya diasuh oleh pamannya. Dan kemudian dilanjutkan dipondok pesantren berbagai tempat untuk menunut ilmu. (2) KH. Ali Shodiq Umman ditugaskan kembali ke desa kelahiran beliau, yang kemudian menjadi tokoh agama yang disegani bagi masyarakat sekitar. Dengan usaha-usaha beliau dari mendirikan pondok pesantren, menjadi mustasyar Nahdlatul Ulama, hingga mendirikan Jama’ah Tarekat Naqsyabandiyah. Yang tentunya masih aktif hingga sekarang. (3) Dari stategi pengenalan yang awalnya tidak di dukung oleh masyarakat sekitar hingga KH. Ali Shodiq Umman bisa menarik perhatian masyarakat sekitar untuk menerima dakwah beliau. Setelah itu beliau mulai mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di masyarakat dan hingga beliau wafat beliau mulai membentuk kader-kader penerusnya untuk mengasuh pondok pesantren yang beliau dirikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chahyaningtias, RichaCahyarika33@gmail.comA92215117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, MuzaiyanaUNSPECIFIED197408121998032003
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Islamisasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Richa Chahyaningtias
Date Deposited: 06 Jan 2020 05:53
Last Modified: 06 Jan 2020 05:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38371

Actions (login required)

View Item View Item