Profil Penalaran Logis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuraidah, Karimatul (2019) Profil Penalaran Logis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Siswa Dibedakan Berdasarkan Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karimatul Zuraidah_D74215046.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penalaran logis merupakan proses berpikir yang dilakukan oleh seseorang dalam upaya menarik suatu kesimpulan dengan memberikan argumen-argumen logis. Setiap siswa memiliki cara yang berbeda dalam mengolah serta memproses suatu informasi (gaya kognitif). Perbedaan gaya kognitif dapat mempengaruhi cara siswa dalam memahami masalah serta proses berpikir siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran logis siswa dalam memecahkan masalah matematika dibedakan berdasarkan gaya kognitif visualizer dan verbalizer. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan dua siswa bergaya kognitif visualizer dan dua siswa bergaya kognitif verbalizer dari kelas IX-D SMP Negeri 1 Jabon. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis serta wawancara. Hasil data tes tertulis dan wawancara selanjutnya dipaparkan dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) Siswa yang memiliki gaya kognitif visualizer dalam mengolah informasi hanya menyebutkan beberapa hal saja,tidak menuliskan secara lengkap, dalam merencanakan penyelesaian hanya menebak-nebak saja, tidak dapat menjelaskan argumen-argumen untuk mendukung asumsi tersebut, dalam melaksanakan rencana sesuai dengan prosedur yang dibuat, dalam menarik kesimpulan siswa kedua lebih yakin karena dapat memberikan cara/alternatif jawaban lain untuk mendukung kebenaran jawabannya selain memeriksa kembali uraian jawabannya. (2). Siswa yang memiliki gaya kognitif verbalizer dalam mengumpulkan informasi cenderung mengurutkan sesuai urutan dan menuliskan dengan lengkap yang diketahui dan yang ditanyakan dari permasalahan, dalam merencanakan  penyelesaian dapat memberikan argumen-argumen meskipun hanya berdasarkan pengalaman sebelumnya saja, sedangkan dalam melaksanakan proses penyelesaian, subjek visualizer menggunaan prosedur dengan benar yang disertai dengan argumen-argumen yang logis, akan tetapi dalam menarik kesimpulan yang diberikan hanya memeriksa kembali uraian jawaban tanpa memberikan alternatif lain untuk mendukung kebenaran jawabannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuraidah, Karimatulkarimatulzuraidah0322@gmail.comD74215046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, YuniUNSPECIFIED197306052007012048
UNSPECIFIEDHamdani, Asep SaepulUNSPECIFIED196507312000031002
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran logis, pemecahan masalah, gaya kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Zuraidah Karimatul
Date Deposited: 06 Jan 2020 06:58
Last Modified: 06 Jan 2020 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38375

Actions (login required)

View Item View Item