PENINGKATAN HASIL BELAJAR “JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA” DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KELAS V SEMESTER 1 DI MI. MIFTAHUL ULUM 2 NGULING PASURUAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhadi, Mohamad (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR “JENIS-JENIS USAHA DAN KEGIATAN EKONOMI DI INDONESIA” DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KELAS V SEMESTER 1 DI MI. MIFTAHUL ULUM 2 NGULING PASURUAN. Undergraduate thesis, Uin Sunan ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar dan daya serap siswa terhadap bidang studi Ilmu Pengetahuan Sosial mengakibatkan prestasi belajar siswa juga rendah, hal ini antara lain disebabkan oleh metode yang digunakan guru kurang bervariasi sehingga siswa merasa bosan dan pembelajaran menjadi tidak menarik. Dalam penelitian ini, yang dimaksud metode diskusi adalah suatu cara memecahkan masalah atau persoalan dalam suatu kelompok dengan berbagai pendapat untuk memperoleh suatu kesimpulan Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Clasrom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Tempat penelitian dilakukan di MI Miftahul Ulum 2 Nguling Pasuruan Semester 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan metode diskusi kelompok. Variabel terikatnya adalah hasil belajar jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan catatan laporan, observasi dan hasil tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan metode diskusi dapat dilakukan dengan baik sesuai dengan prosedur pelaksanaan dan langkah-langkah diskusi. Dalam pelaksanaan metode diskusi dapat dinyatakan bahwa pembelajaran akan berhasil dan efektif jika pembelajaran itu dapat melibatkan siswa secara aktif. Pada penelitian ini guru dan siswa melaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS. Penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ini terbukti dengan hasil yang diperoleh siswa yaitu: pra tindakan dengan rata-rata 68, siklus I rata-rata 78,5,dan siklus II dengan rata-rata 86,75

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Amir Maliki Abitholkha
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhadi, MohamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pengajaran
Keywords: Hasil Belajar; Metode Diskusi Kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 18 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2016 03:07
Last Modified: 22 Jan 2016 03:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/3838

Actions (login required)

View Item View Item