Implementasi Sistem Akuntansi Pembelian pada PT. Benteng Api Technic

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Mutiara (2019) Implementasi Sistem Akuntansi Pembelian pada PT. Benteng Api Technic. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Hanifah_G02216017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Sistem Akuntansi Pembelian Pada PT. Benteng Api Technic” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab bagaimana implementasi prosedur pembelian pada PT. Benteng Api Technic dan prosedur pembelian pada PT. Benteng Api Technic ditinjau dari sistem akuntansi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada PT. Benteng Api Technic dalam pelaksanaan tugas terkait prosedur pembelian, ada yang tidak sesuai dengan Standar Operasional Perusahaan (SOP) yaitu adanya bagian yang belum mematuhi prosedur yang berlaku, yakni dalam pembuatan laporan penerimaan barang seharusnya dilakukan oleh bagian purchasing. Prosedur pembelian PT. Benteng Api Technic ditinjau dari sistem akuntansi belum sepenuhnya sesuai dengan teori sistem akuntansi, hal ini tercermin adanya perangkapan tugas pada bagian yang memesan barang, menerima barang dan menyimpan barang dilakukan oleh satu fungsi.
Sebaiknya PT. Benteng Api Technic dapat melaksanakan kegiatan sesuai dengan SOP yang berlaku agar operasional dapat berjalan dengan maksimal dan melakukan pemisahan fungsi, tujuannya agar mudah untuk melakukan internal cek dalam setiap proses kegiatannya dari masing-masing fungsi demi menjamin keandalan data akuntansi serta menjamin keamanan aset perusahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, MutiaraMutiarahanifah.mh@gmail.comG02216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGati, VidiaUNSPECIFIED2010057602
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sistem Akuntansi; Sistem Akuntansi Pembelian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Hanifah Mutiara
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:51
Last Modified: 08 Jan 2020 01:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38384

Actions (login required)

View Item View Item