Implementasi CB-SEM dan SEM-PLS untuk Analisis Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Roihatu Zahroh (2019) Implementasi CB-SEM dan SEM-PLS untuk Analisis Tingkat Kemiskinan di Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Roihatu Zahroh Mufidah_H72215022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kabupaten Bangkalan merupakan salah satu kabupaten yang terus berbenah dalam mengatasi masalah kemiskinan. Program pemerintah Kabupaten Bangkalan melalui Dinas Sosial terus berupaya menekan angka kemiskinan dengan memberikan Bantuan Sosial (Bansos). Namun peran pemerintah masih belum maksimal dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat karena adanya penyalah gunaan bantuan. Mengingat permasalahan kemiskinan merupakan permasalahan krusial yang perlu mendapatkan perhatian dan segera dilakukan penanganan, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengukur bantuan yang berkeadilan dan tepat sasaran kepada masyarakat sehingga program bantuan yang diberikan benar-benar mampu mengatasi atau mengurangi tingkat kemiskinan. Metode yang dapat dilakukan tersebut yaitu dengan metode analisis statsitika yaitu analisis Structural Equation Modelling (SEM) guna mendapatkan hasil model bantuan rumah tangga miskin yang berdasarkan indikator kesehatan, ekonomi dan SDM di Kabupaten Bangkalan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kesehatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap bantuan. Metode CB-SEM diperoleh model persamaan struktural adalah Bantuan = 5,950Kesehatan + ζ_1. Sedangkan untuk SEM-PLS diperoleh model persamaan strukturalnya adalah Bantuan = 0,425Kesehatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Roihatu Zahrohroihatuzahro@gmail.comH72215022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@unsby.ac.id0728058802
Thesis advisorHafiyusholeh, Moh.hafiyusholeh@gmail.com2004028001
Subjects: Kemiskinan
Matematika
Teknologi
Keywords: Bantuan Kemiskinan; Structural Equation Modelling; CB-SEM, SEM-PLS
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Roihatu Zahroh Mufidah
Date Deposited: 08 Jan 2020 01:32
Last Modified: 08 Jan 2020 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38398

Actions (login required)

View Item View Item