Peningkatan motivasi belajar materi cerita rakyat mata pelajaran bahasa jawa melalui metode role playing pada siswa kelas iv-b min 2 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Manaf, Mochammad Abdi (2019) Peningkatan motivasi belajar materi cerita rakyat mata pelajaran bahasa jawa melalui metode role playing pada siswa kelas iv-b min 2 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochammad Abdi Manaf_D97216113.pdf

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penulisan penelitian ini ialah rendahnya tingkat motivasi belajar siswa kelas IV-B pada materi cerita rakyat. Hal ini terlihat ketika guru menjelaskan materi hanya beberapa siswa saja yang aktif mengikuti pembelajaran, sebagian dari siswa yang lain hanya melakukan aktivitasnya sendiri, berbicara bersama temannya, dan bermain sendiri. Peserta didik juga belum terlihat menyukai mata pelajaran Bahasa Jawa, hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung peserta didik banyak yang mengantuk dan terkesan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa materi cerita rakyat.Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah; 1) Penerapan metode Role Playing pada materi cerita rakyat mata pelajaran Bahasa Jawa di kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo, 2) Peningkatan motivasi belajar materi cerita rakyat mata pelajaran Bahasa Jawa melalui metode Role Playing pada siswa kelas IV-B MIN 2 Sidoarjo.Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 28 siswa dan tempat penelitian di MIN 2 Sidoarjo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi guru dan siswa, angket, tes tulis, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) penerapan metode Role Playing berhasil karena guru bisa menerapkan metode Role Playing ini dengan baik dalam pembelajaran. hal ini dibuktikan dengan perolehan skor pengamatan aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan, yaitu skor aktivitas guru yang mendapat skor 75(cukup) pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 90(sangat baik) pada siklus II. Kemudian skor pengamatan aktivitas siswa yang mendapat skor 68,75(cukup) pada siklus I menjadi 89,5(baik) pada siklus II. 2) Selain itu juga peningkatan motivasi belajar siswa kelas IV-B juga berhasil. Hal ini dibuktikan dari tahap pra siklus, siklus I, dan siklus II. Persentase motivasi belajar siswa yang berkategori tinggi dan sangat tinggi pada pra siklus yaitu sebesar 39,29% meningkat menjadi 57,14% pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 85,71%. Lalu dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus sebesar 29%(rendah) meningkat menjadi 54%(cukup) pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi sebesar 86%(sangat tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Manaf, Mochammad Abdimanafzed@gmail.comD97216113
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorTaufik, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mochammad Abdi Manaf
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:17
Last Modified: 10 Dec 2021 10:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38403

Actions (login required)

View Item View Item