Peningkatan pemahaman sejarah kebudayaan Islam materi fathu Makkah melalui media visual aids pada siswa kelas VA MI tarbiyatul Islamiyah Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurhayati, Uci (2019) Peningkatan pemahaman sejarah kebudayaan Islam materi fathu Makkah melalui media visual aids pada siswa kelas VA MI tarbiyatul Islamiyah Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Uci Nurhayati_D97216088.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat pemahaman Materi Fathu Makkah. Hal tersebut diketahui pada saat wawancara dengan guru pengampu mata pelajaran pada tahap prasiklus bahwa pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, kurangnya penggunaan media yang bervariatif sehingga membuat siswa menjadi kurang termotivasi dalam meningkatkan pemahaman. Sehingga siswa yang aktif hanya berkisar 55%, dan siswa yang mampu menjawab dengan benar berkisar 26%. Oleh karena itu, salah satu upaya yang dilakukan peneliti dalam meningkatkan pemahaman siswa yaitu melalui penggunaan media Visual Aids. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media Visual Aids untuk meningkatkan pemahaman pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi Fathu Makkah di kelas VA MI Tarbiyatul Islamiyah Sukodono Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) materi Fathu Makkah setelah penggunaan media Visual Aids pada siswa Kelas VA MI Tarbiyatul Islamiyah Sukodono Sidoarjo? Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, 1) perencanan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang diguakan adalah lembar observasi aktifitas guru dan siswa, lembar wawancara, lembar tes butir soal pilihan ganda dan uraian, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) penggunaan media Visual Aids dalam penelitian ini terjadi peningkatan nilai dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 79,34 (sedang) menjadi 93,75 (tinggi) pada siklus II. Sedangkan hasil observasi siswa pada siklus I memperoleh nilai 72,35 (sedang) menjadi 92,8 (tinggi) pada siklus II. 2) Pemahaman materi Fathu Makkah melalui media Visual Aids mengalami peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 79,6 (sedang) meningkat menjadi 84,8 (tinggi) pada siklus II dengan perolehan presentase 69,5% pada siklus I meningkat menjadi 91,3% (sangat tinggi) pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurhayati, Uciuci.uinsby@gmail.comD97216088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, MunawirUNSPECIFIED196508011992031005
UNSPECIFIEDNadlir, NadlirUNSPECIFIED196807221996031002
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Sejarah Peradaban Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Media Visual Aids; Materi Fathu Makkah; Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Uci Nurhayati Nurhayati
Date Deposited: 07 Jan 2020 06:40
Last Modified: 07 Jan 2020 06:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38420

Actions (login required)

View Item View Item