Profil Level Berpikir Statistis Siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimah, Nuriyatul (2019) Profil Level Berpikir Statistis Siswa dalam memecahkan masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuriyatul Muslimah D74215062.pdf

Download (8MB)

Abstract

Berpikir statistis adalah kemampuan untuk mengerti dan memahami bagaimana cara mendeskripsikan data, mengorganisasikan data, merepresentasikan data, menganalisis dan menginterpretasikan data, serta mengaplikasikan pemahaman statistis pada masalah nyata dengan cara memberikan kritik, evaluasi, dan membuat generalisasi. Berpikir statistis terdiri dari empat level yaitu idiosinkratis, transisi, kuantitatif, dan analitis. Siswa yang memiliki gaya kognitif berbeda memiliki kemampuan berpikir statistis yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level berpikir statistis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat siswa dengan ketentuan dua siswa dengan gaya kognitif field dependent dan dua siswa dengan gaya kognitif field independent dari kelas IX-A MTs Negeri Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan wawancara, kemudian dianalisis berdasarkan indikator level berpikir statistis menurut Graham A Jones dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya kognitif field dependent dalam proses mendeskripsikan data berada pada level idiosinkratis, pada proses mengorganisasi dan mengurangi data berada pada level kuantitatif, pada proses merepresentasikan data berada pada level analitis, dan pada proses menganalisis dan menginterpretasikan data berada pada level transisi. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif field independent dalam proses mendeskripsikan data berada pada level analitis, pada proses mengorganisasi dan mengurangi data berada pada level analitis, pada proses merepresentasikan data berada pada level analitis, dan pada proses menganalisis dan menginterpretasikan data berada pada level analitis.

Kata kunci: Berpikir Statistis, Level Berpikir Statistis, Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimah, Nuriyatulnuriyatulmuslimah26@gmail.comD74215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Matematika; Gaya kognitif; berfikir statistis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuriyatul Muslimah
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:11
Last Modified: 06 Jan 2020 09:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38424

Actions (login required)

View Item View Item