Hubungan kecerdasan emosional(EQ)dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Nurul Iman Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

sulistiawati, sulistiawati (2019) Hubungan kecerdasan emosional(EQ)dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs. Nurul Iman Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulistiawati_D74213092.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam kegiatan belajar mengajar masih ada sebagian siswa yang merasa kesulitan dalam memecahkan masalah dan berujung pada prestasi belajar yang dicapai siswa kurang maksimal. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya aspek kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) kecerdasan emosional siswa (2) prestasi belajar matematika siswa (3) hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs. Nurul Iman Bangkalan pada bidang studi matematika.Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling yaitu kelas VIII-B sebanyak 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji korelasi spearman rank yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa.Hasil analisis data menghasilkan: (1) data kecerdasan emosional siswa mayoritas masuk dalam kategori sedang , yaitu sebanyak 18 siswa dengan persentase 60%, sedangkan dalam kategori tinggi sebanyak 8 siswa dengan persentase 26,66% dan dalam kategori rendah sebanyak 4 siswa dengan persentase 13,33%. (2) data prestasi belajar matematika siswa mayoritas masuk dalam kategori tinggi , yaitu sebanyak 16 siswa dengan persentase 53,33%, sedangkan dalam kategori sedang sebanyak 3 siswa dengan persentase 10% dan dalam kategori rendah sebanyak 11 siswa dengan persentase 36,66%. (3) Hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa dilihat dari hasil analisis menggunakan uji korelasi spearman rank yang menghasilkan bahwa rs > rtabel (0,81>0,364) yang berarti tidak cukup bukti untuk menerima H0 , maka H1 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa kelas VIII MTs.Nurul Iman Bangkalan pada bidang studi matematika signifikan.Peneliti hanya meneliti tentang hubungan kecerdasan emosional dengan prestasi belajar matematika siswa saja. Kepada peneliti selanjutnya, diharapkan untuk mengembangkan penelitian ini dengan cara meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi baik kecerdasan emosional maupun prestasi belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
sulistiawati, sulistiawatisulis190895@gmail.comD74213092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaunah, Setyawati,UNSPECIFIED197411042008012008
Thesis advisorSuparto, Suparto,UNSPECIFIED196904021995031002
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Kecerdasan Emosional (EQ), Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: sulistiawati sulistiawati
Date Deposited: 07 Jan 2020 03:18
Last Modified: 07 Jan 2020 03:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38425

Actions (login required)

View Item View Item