Membangun Kapasitas Masyarakat Dalam Menyikapi Ancaman Terjadinya Bencana Tsunami Di Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Fitri Nurul Hidayati (2019) Membangun Kapasitas Masyarakat Dalam Menyikapi Ancaman Terjadinya Bencana Tsunami Di Desa Paseban Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Fitri Nurul Hidayati Ningsih_B92215071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini untuk melihat kapasitas masyarakat Desa Paseban terhadap ancaman bencana tsunami. Desa yang wilayahnya berbatasan langsung dengan pesisir laut terdapat lempeng tektonik aktif Indo-Australia, yang sewaktu-waktu bisa menimbulkan gempa dan terjadi ancaman adanya tsunami. Terlebih belum terbiasanya masyarakat dalam menjaga ekosistem pantai serta minimnya kesadaran untuk tanggap terhadap adanya ancaman tsunami. Penelitian ini mengunakan metodologi PAR (Participatory Action Research) dalam setiap proses pendampingan, yang mana mengutamakan partisipatif masyarakat untuk setiap kegiatan terkait dengan membangun kapasitas masyarakat agar siaga terhadap bencana tsunami. Adapun teknik yang digunakan dalam metodologi ini yakni teknik pengalian data, teknik validasi data, dan teknik analisa data, yang mana dalam teknik yang dilakukan selama proses pendampingan melibatkan keikutsertaan masyarakat secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa siaga masyarakat Desa Paseban dalam menghadapi ancaman bencana tsunami. Selain itu penelitian ini bertujuan memberdayakan kapasitas masyarakat. Penelitian ini memiliki tujuan meminimalisir resiko dari ancaman tsunami dengan mengajak masyarakat untuk belajar bersama tentang tsunami, sehingga kapasitas pengetahuan masyarakat meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Fitri Nurul Hidayatianingnose13@gmail.comB92215071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, AbdUNSPECIFIED2025076301
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Bencana Alam; Tsunami; Kapasitas Masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email aningnose13@gmail.com
Date Deposited: 08 Jan 2020 07:15
Last Modified: 08 Jan 2020 07:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38428

Actions (login required)

View Item View Item