Kemampuan Berbahasa Reseptif Menyimak Pada Anak Dengan Speech Delay Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Minat Baca Dan Belajar Anak (biMBA) AIUEO Barata Jaya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kuning, Retno Ragil (2019) Kemampuan Berbahasa Reseptif Menyimak Pada Anak Dengan Speech Delay Studi Kasus Di Lembaga Bimbingan Minat Baca Dan Belajar Anak (biMBA) AIUEO Barata Jaya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Retno Ragil Kuning_D98215037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukannya perbedaan respon setiap peserta didik di biMBA AIUEO Baratajaya Surabaya yang mengalami speech delay. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berbahasa reseptif menyimak pada anak dengan speech delay di lembaga bimbingan minat baca dan belajar anak (biMBA) AIUEO Baratajaya Surabaya.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi kegiatan pembelajaran dan respon anak disetiap kegiatan, wawancara kepada guru kelas, kepala unit, wali murid atau pengasuh dan dokumentasi data diri perserta didik berserta foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman yakni mereduksi data, penyajian data dan verifikasi.Hasil dari penelitian ini adalah Speech delay atau keterlambatan berbicara yang dialami oleh peserta didik di biMBA AIUEO Baratajaya Surabaya adalah gangguan artikulasi, gangguan pemrosesan kata dan gangguan berbahasa. Kemampuan berbahasa reseptif (menyimak) pada anak dengan speech delay di biMBA AIUEO Baratajaya Surabaya pada saat materi dan menerima perintah sederhana melalui ujaran yang diberikan oleh guru berbeda – beda, ada anak yang langsung merespon secara verbal dan non verbal dan ada yang diperlukan pengulangan hingga beberapa kali barulah ia mengetahui maksud dari pesan yang disampaikan. Upaya yang dilakukan oleh lembaga bimbingan minat baca dan belajar anak (biMBA) AIUEO Baratajaya dalam menghadapi anak yang mengalami keterlambatan adalah memberikan kelas khusus yang tetap memfasilitasi anak untuk berinteraksi dengan teman secara baik tanpa menyinggung keterlambatan yang mereka alami. Selain itu, biMBA juga menggunakan modul belajar yang mudah dipahami serta metode pembelajaran yang terpusat pada anak sehingga keadaan anak yang berbeda tidak menjadi masalah baru untuk mengembangkan aspek perkembangan anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kuning, Retno Ragilretnoragil874@gmail.comD98215037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, IlunUNSPECIFIED196707061994032001
Thesis advisorMukhoiyaroh, MukhoiyarohUNSPECIFIED197304092005012002
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Menyimak; Speech delay; biMBA AIUEO.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Retno Kuning
Date Deposited: 06 Jan 2020 09:13
Last Modified: 06 Jan 2020 09:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38437

Actions (login required)

View Item View Item