Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs At Tauhid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhiroh, Layli Fatimatun (2019) Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di MTs At Tauhid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Layli Fatimatun Nadhiroh_D74213070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru merupakan faktor utama yang berpengaruh terhadap keberhasilan siswa dalam belajar, sehingga dibutuhkan guru yang kreatif dan mampu mengelola kelas dengan baik. Dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat memberikan pengalaman belajar dan pengalaman intelektual bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII-C MTs At Tauhid Surabaya pada sub pokok bahasan SPLDV pada semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan untuk mengamati aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, metode angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah diterapkan pembelajaran model kooperatif tipe TGT dengan pendekatan CTL, metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran yang diterapkan. Dari analisis data di peroleh hasil sebagai berikut: aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan efektif karena memperoleh rata-rata 3,69. Aktivitas siswa memperoleh prosentase 95,32% untuk kategori aktif, begitu juga dengan respon positif siswa memperoleh prosentase sebesar 96,67%. Adapun ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan dapat dikatakan tuntas dengan prosentase ketuntasan belajar keseluruhan sebesar 88%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhiroh, Layli Fatimatunlaylifa19@gmail.comD74213070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, MaunahUNSPECIFIED197411042008012008
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: pembelajaran kooperatif; Teams Games Tournament; pendekatan Contextual Teaching and Learning.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Layli Fatimatun Nadhiroh
Date Deposited: 07 Jan 2020 02:24
Last Modified: 07 Jan 2020 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38440

Actions (login required)

View Item View Item