Peningkatan pemahaman mata pelajaran fikih materi haid melalui strategi index card match pada siswa kelas 5 mis Al-Hikmah Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatah, Muhammad Firman (2019) Peningkatan pemahaman mata pelajaran fikih materi haid melalui strategi index card match pada siswa kelas 5 mis Al-Hikmah Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Firman Fatah_D97216116.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena pembelajaran di kelas masih tergolong teacher center. Sebelumnya guru belum pernah menggunakan strategi saat mengajar mata pelajaran Fikih. Siswa sangat kurang antusias saat mengikuti pembelajaran. Permasalahan tersebut berpengaruh pada nilai hasil pemahaman siswa yang pada pembelajaran sebelumnya ketuntasan belajarnya sebesar 34,61%. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan melalui penelitian tindakan kelas menggunakan strategi Index Card Match.Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan strategi index card match dalam meningkatkan pemahaman materi haid pada siswa kelas 5 MIS Al-Hikmah Jombang ? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi haid setelah diterapkan strategi index card match pada siswa kelas 5 MIS Al-Hikmah Jombang ? . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Index Card Match dan peningkatan pemahaman Fikih pada kelas 5 MIS Al-Hikmah Jombang materi Haid.Model penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan ini adalah PTK Kurt Lewin dengan subjek penelitian siswa kelas 5 dengan jumlah 26 siswa dan tempat penelitian MIS Al-Hikmah Jombang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan strategi Index Card Match telah berhasil, hal ini terbukti dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I yaitu 85,00 (Tinggi) dan meningkat menjadi 95,16 (Sangat Tinggi) pada siklus II. Hasil nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 83,82 (Tinggi) dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,23 (Sangat Tinggi). 2) Pemahaman siswa mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran menggunakan strategi Index Card Match. Hasil pra siklus, nilai rata-rata siswa sebesar 66,69 dengan persentase keberhasilan siswa 34,61% (Sangat Rendah), meningkat pada siklus I menjadi 73,96 dengan persentase keberhasilan siswa 69,23% (Rendah). Kemudian dilakukan perbaikan pada siklus II sehingga rata-rata meningkat menjadi 83,15 (Tinggi) dengan persentase keberhasilan sebesar 92,30% (Sangat Tinggi).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatah, Muhammad Firmanfirmanfatahuinsa@gmail.comD97216116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
EditorMunawir, MunawirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
EditorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Fikih
Pendidikan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Firman Fatah
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:08
Last Modified: 06 Jan 2020 08:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38441

Actions (login required)

View Item View Item