Urgensi visualisasi untuk mengembangkan berpikir kritis siswa SMP/MTs dalam mempelajari geometri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ciptosari, Ciptosari (2019) Urgensi visualisasi untuk mengembangkan berpikir kritis siswa SMP/MTs dalam mempelajari geometri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ciptosari_D74213053.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam mempelajari geometri, siswa membutuhkan konsep yang matang sehingga siswa mampu menerapkan keterampilan geometri yang dimiliki, terkait bangun datar, bangun ruang, dan mendeskripsikan gambar. Visualisasi mampu memberikan kemudahan berpikir bagi siswa dalam menyelesaikan masalah terkait geometri. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana visualisasi mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif-Kualitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 36 Surabaya, dalam penelitian yang dilakukan pengambilan subjek menggunakan teknik Purposive-Sampling, yaitu suatu teknik dalam pengambilan subjek atas dasar pertimbangan dan masukan guru terkait kebutuhan penelitian sehingga didapatkanlah 2 subjek dari kelas VIII-A. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan tes dan wawancara, kemudian teknik analisis yang digunakan yaitu analisis tes dan wawancara yang kemudian data diperoleh direduksi, kemudian penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan visualisasi yang dilakukan oleh siswa berjalan baik.proses berpikir kritis siswa mencolok dalam aspek Transformasi, akan tetapi lemahnya daya ingat siswa dalam mengingat suatu konsep bangun datar menjadi masalah cukup serius. Hal ini dikarenakan matematika yang diajarkan siswa lebih banyak menghapal daripada memahami suatu konsep.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ciptosari, Ciptosariciptosari01@gmail.comD74213053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, KusaeriUNSPECIFIED197206071997031001
Thesis advisorSutini, SutiniUNSPECIFIED197701032009122001
Subjects: Matematika
Pendidikan
Keywords: Geometri; Berpikir kritis; Visualisasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cipto sari
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:54
Last Modified: 06 Jan 2020 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38458

Actions (login required)

View Item View Item