Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan pendidikan Matematika realistik berbasis pemecahan masalah terbuka untuk meningkatkan kreativitas siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budi, Sendri Setya (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika dengan pendekatan pendidikan Matematika realistik berbasis pemecahan masalah terbuka untuk meningkatkan kreativitas siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sendri Setya Budi_D74215068.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis pemecahan masalah terbuka adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan melihat peningkatan kreativitas siswa antara sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran yang telah dikembangkan. Proses pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu fase pendahuluan, fase pembuatan produk/prototipe dan fase penilaian. Perangkat pembelajaran ang dikembangkan meliputi RPP dan LKPD. Uji coba dilakukan pada 31 siswa kelas VII-D MTs Raden Fatah Driyorejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan, teknik validasi, teknik observasi, teknik angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru masih menggunakan pembelajaran langsung dengan kurikulum 2013 edisi revisi 2017, kemudian dilakukan pembuatan prototipe RPP dan LKPD dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis pemecahan masalah terbuka yang selanjutnya diuji cobakan pada siswa kelas VII-D MTs Raden Fatah Driyorejo. Data kevalidan perangkat pembelajaran diperoleh nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 3,50 dan LKPD sebesar 3,67. Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai A dengan tanpa revisi oleh satu validator dan dinilai B oleh dua validator sehingga perangkat pebelajaran tersebut tergolong “praktis”. Aktivitas siswa aktif selama mengikuti pembelajaran telah memenuhi kriteria “efektif” dengan berdasarkan persentase aktivitas yang aktif sebesar 94,53%, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata sebesar 89,25%, respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 75,5% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori “positif”. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas siswa antara sebelum dan sesudah pembelajaran berdasarkan perhitungan rumus Gain Ternormalisasi sebesar 0,589
masuk dalam kategori sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budi, Sendri Setyasetyasendri97@gmail.comD74215068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046901
Thesis advisorHamdani, A Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Matematika Realistik
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pendidikan; Matematika Realistik; Kreativitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: SENDRI SETYA BUDI
Date Deposited: 07 Jan 2020 08:24
Last Modified: 07 Jan 2020 08:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38464

Actions (login required)

View Item View Item