Pengembangan media pembelajaran Matematika bernuansa Islami menggunakan Construct 2

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masruro, Aida (2019) Pengembangan media pembelajaran Matematika bernuansa Islami menggunakan Construct 2. Undergraduate thesis, UIN sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Aida Masruro_D74215028.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa 78,2% siswa belum pernah menggunakan media pembelajaran matematika berbasis Android. Lebih jauh 93,1% siswa belum pernah menggunakan media pembelajaran matematika bernuansa islami pada HP Android. Pada penelitian ini dikembangkan media pembelajaran matematika bernuansa islami yang dapat dijalankan pada HP Android. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan, validitas, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran matematika bernuansa islami. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Data penelitian ini diperoleh melalui instrumen pengumpulan data berupa lembar field note, lembar validasi, angket, dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika bernuansa islami dikembangkan dengan lima tahapan ADDIE. Diperoleh informasi bahwa siswa SMPN 2 Gedeg Mojokerto diperbolehkan mengoperasikan smartphone di dalam kelas dengan izin guru kelasnya. Kemudian dilakukan pembuatan media pembelajaran matematika bernuansa islami menggunakan Construct 2 yang selanjutnya divalidasi dan diuji cobakan kepada calon guru matematika yaitu mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya dan siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gedeg Mojokerto. Media yang dikembangkan dinyatakan sangat valid yang dilihat dari hasil penilaian validator dengan nilai persentase sebesar 82,3%. Selain itu juga dinyatakan praktis yang dilihat berdasarkan penilaian validator terhadap penggunaan media di lapangan dengan nilai B dan dilihat berdasarkan respon calon guru matematika dengan persentase sebesar 91,8% yang dikategorikan sangat baik. Media dinilai efektif yang dilihat berdasarkan respon siswa yang sangat kuat terhadap media pembelajaran matematika bernuansa islami dengan persentase respon sebesar 97,6% dan dilihat berdasarkan hasil ketuntasan belajar siswa setelah menggunakan media mendapat persentase sebesar 86,7%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masruro, Aidaaidamasruro4@gmail.comD74215028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, SupartoUNSPECIFIED196904021995031002
Thesis advisorLubab, AhmadUNSPECIFIED198111182009121003
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Aida Masruro
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:15
Last Modified: 06 Jan 2020 08:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38484

Actions (login required)

View Item View Item