Perilaku konsumen E-Commerce perspektif syari'ah: studi perilaku berbelanja Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya pada Tokopedia dan Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fillah, Hammasah (2019) Perilaku konsumen E-Commerce perspektif syari'ah: studi perilaku berbelanja Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya pada Tokopedia dan Shopee. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hammasah Fillah_F02416089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Perilaku Konsumen E-Commerce Perspektif Syariah Study pada Mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Ampel Surabaya ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan : Bagaimana implementasi e-commerce yang ada pada Marketplace Tokopedia dan Shopee.dan Bagaimana perilaku konsumen E-Commerce perspektif Syariah pada mahasiswa pascasarjana uin sunan ampel surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif deskriptif analitis. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara ke 7 mahasiswa pascasarjana uin sunan ampel yang khusus memiliki latar belakang pendidikan pesantren, dokumentasi berupa rekaman suara saat wawancara, dan observasi langsung di lapangan. Dari hasil penelitian yang ada didapatkan bahwa perilaku konsumen dalam transaksi E-Commerce yang dilakukan oleh mahasiswa pascasarjana uin sunan ampel adalah dilihat dari implementasi e-commerce pada marketplace yang ada menghasilkan beberapa hasil yang sesuai sehingga para konsumen yang melakukan transaksi e-commerce tidak ragu dalam melakukan pembelian barang. Dalam segi consumer behavior didapatkan bahwa para mahasiswa pascasarjana uin sunan ampel ini secara umum memenuhi lima prinsip perilaku dalam etika konsumsi islam, yaitu prinsip keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati, dan moralitas. Dalam penelitian ini masih banyak faktor yang bisa dikembangkan lagi untuk penelitian lanjutan. Adanya faktor perkembangan teknologi yang semakin canggih, pengetahuan masyarakat sebagai konsumen yang semakin meningkat pasti memiliki adanya perubahan atau perbedaan hasil dikemudian hari dimana seorang konsumen akan semakin bijak dan pintar dalam memanfaatkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhan ataupun menjadikan peluang usaha bagi dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fillah, Hammasahayeshafillah08@gmail.comF02416089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlum, Fahrurfahrurulum@gmail.com2006097203
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fillah Hammasah
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:55
Last Modified: 08 Jan 2020 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38499

Actions (login required)

View Item View Item