Pengaruh bauran pemasaran pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diaulhaq, Dio Dio (2019) Pengaruh bauran pemasaran pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dio Dio Diaulhaq_D93215066.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pendidikan Terhadap Kepuasan Peserta Didik di SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah: bagaimana bauran pemasaran pendidikan, kepuasan peserta didik serta pengaruh bauran pemasaran (Marketing Mix) pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Untuk memperkuat penelitian ini maka digunakan beberapa teori yang mencakup dua variabel di atas, serta penjelasan mengenai pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yakni menggunakan tenik pengumpulan data dengan kuesioner (skala likert), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling yakni mengambil sampel secara acak. Data penelitian kemudian diolah menggunakan bantuan software Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 24. Hasil penelitian menyebutkan bahwa hasil prosentase ideal bauran pemasaran pendidikan memperoleh nilai sebesar 87.8%. Sehingga dapat dikategorisasikan dalam kategori baik. Sedangkan hasil prosentase ideal kepuasan peserta didik memperoleh nilai sebesar 90.7% sehinga termasuk dalam kategori baik. Hasil analisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix) pendidikan terhadap kepuasan peserta didik di SD NU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik menunjukkan taraf siginifikansi sebesar 0.000 < 0.05 dan R square sebesar 0.636 serta nilai persamaan yang menunjukkan nilai positif sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif bauran pemasaran (marketing mix) pendidikan terhadap kepuasan peserta didik yaitu sebesar 63.6%. Kata Kunci: Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pendidikan dan Kepuasan Peserta Didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diaulhaq, Dio Diodiodiodiaulhaq98@gmail.comD93215066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaarif, Samsulsamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilreal_bjn80@yahoo.com2027068001
Subjects: Manajemen
Pendidikan
Pemasaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dio Dio Diaulhaq
Date Deposited: 08 Jan 2020 03:21
Last Modified: 08 Jan 2020 03:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38525

Actions (login required)

View Item View Item