Pronunciation accuracy of the receptive vocabularies at the 7th grade of SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya in the academic year 2018/2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurani, Anisa Septi Dwi (2019) Pronunciation accuracy of the receptive vocabularies at the 7th grade of SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya in the academic year 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Septi Dwi Nurani_D75215031.pdf

Download (817kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisa keakuratan pengucapan dari kosakata-kosakata yang diserap oleh siswa kelas 7 SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Kosakata-kosakata yang diserap berasal dari lagu yang berjudul Count on Me oleh Bruno Mars. Peneliti mengaplikasikan desain deskriptif kualitatif untuk menjadi metode penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi dan rekaman suara. Observasi dilakukan untuk mengamati proses belajar dan mengajar di dalam ruang kelas. Rekaman suara digunakan untuk merekam pengucapan siswa, khususnya siswa kelas 7D. Kemudian, data yang terkumpul akan diterjemahkan (pengucapannya) dan dibantu oleh penutur asli bahasa Inggris. Dengan demikian, keakuratan pengucapan kosakata-kosakata yang diserap (dari lagu) pada siswa kelas 7 SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya hampir semuanya akurat dalam mengucapkan kosakata-kosakata yang diserap. Ada empat kosakata yang ducapkan secara tepat oleh seluruh siswa tanpa pengecualian. Kosakata-kosakata tersebut ialah middle, sea, sail, dan much. Selebihnya dari kosakata-kosakata tersebut ialah salah dalam pengucapan pada bunyi-bunyi tertentu. Bunyi-bunyi itu ialah /t/, /d/, /θ/, dan /r/. Demikian, bunyi /t/, /d/, dan /r/ di posisi terakhir, sementara itu bunyi /θ/ ialah di posisi awalan. Bunyi-bunyi tersebut ialah salah dalam pengucapan dengan menghilangkan bunyi atau dengan menggantikan bunyi tersebut dalam suatu kosakata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurani, Anisa Septi Dwianisasdn@gmail.comD75215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMadjid, Hilda Izzatihilda.izzati.madjid@gmail.com198602102011012012
Thesis advisorRakhmawati, Rakhmawatithestarone_777@yahoo.com197803172009122002
Subjects: Bahasa Inggris
Keywords: Keakuratan Pengucapan; Kosakata-Kosakata Yang Diserap (dari lagu); Pronunciation Accuracy; Receptive Vocabularies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Anisa Septi Dwi Nurani
Date Deposited: 07 Jan 2020 04:14
Last Modified: 07 Jan 2020 04:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/38545

Actions (login required)

View Item View Item